Wali Kota Panen Investor dari Singapura

Kabar Baik dari Batam

Wali Kota Panen Investor dari Singapura

3 min read

Yakinkan Tak Ada Dualisme Kepemimpinan di Batam.

Baru bicara beberapa menit saja, Wali Kota Batam HM Rudi berhasil menggaet investor luar negeri ke Batam. Tak hanya itu, Rudi berhasil membuat Singapura mengubah kebijakan visa masuk bagi wisatawan. Batam lagi yang diuntungkan.

Kenyataan ini didapat ketika Wali Kota hadir sebagai nara sumber utama dalam dialog bisnis bertajuk; Roundtable Dialogue Session with Batam Authorities, di SBF Center, Robinson Road, Singapura, Selasa (26/2/2019).

“Bahkan saya jamin, izin mereka bisa selesai dalam hitungan jam. Tentunya bila semua persyaratannya lengkap,” jelas Rudi berbicara di acara Musrenbang Kecamatan Batam Kota, di Asrama Haji Batam, kemarin.

“Soal visa masuk sekali jalan bagi wisatawan ke Singapura, Dubes Singapura sudah menegaskan akan menambah 96 jam, atau sekitar empat hari,” tegasnya.

Tentu saja ini menguntungkan, sebab akan ada waktu bagi wisatawan ke luar Singapura, dalam hal ini ke Batam. “Nantinya kita akan diuntungkan dengan kedatangan wisatwan tersebut,” jelas Rudi.

Rudi kembali menceritakan, semula pengusaha Singapura itu ragu investasi di Batam, hal ini terkait adanya isu negatif yang terus dihembuskan kelompok dan media tertentu, bahwa ada dualisme kepemimpinan lembaga di Batam.

Namun setelah Wali Kota menegaskan bahwa itu tidak ada, keraguan para pengusaha itu sirna.
Rudi bahkan meyakinkan bahwa antara Pemko dan BP Batam tidak ada masalah.

“Mungkin ada perasaan atau pikiran selama ini bahwa ada dualisme yang berkuasa di Kota Batam. Sebetulnya tidak, karena wewenangnya (BP Batam dan Pemko Batam) sudah dibagi sesuai aturan,” ujar Wali Kota, sebagaimana diberitakan Kabar Batam.

Di hadapan Duta Besar Singapura untuk Indonesia, para pengusaha dan investor Singapura yang tergabung dalam Singapore Business Federation (SBF) dan KADIN Singapore Commite, Rudi juga menegaskan, sebagai Wali Kota Batam, ia telah diberi wewenang untuk mengurusi izin dan membangun Kota Batam.

Tak lupa dia menyampaikan rasa terima kasihnya telah diundang dalam dialog bisnis tersebut bersama Kepala BP Batam Edy Putra Irawady.

“Mudah-mudahan dengan keberadaan kami di sini, bisa melegakan hati para bapak/ibu pengusaha yang ada di kota batam,” ujarnya.

Sementara itu, beberapa menit usai pertemuan tersebut, video singkat pemaparan Wali Kota di hadapan pengusaha Singapura dan Dubes Indonesia untuk Singapura, itu beredar di WhatsApp.

Seperti biasa, video ini kemudian digoreng oleh kelompok dan media tertentu yang orangnya yang “itu-itu juga”, untuk kembali memojokkan Wali Kota.

Bukannya bersyukur Wali Kota sukses membawa investor masuk, mereka menyebar berita provokatif bahwa Wali Kota bermuka dua. Berita semacam ini, selain merusak, juga jauh menyimpang dari kaidah jurnalistik.

Negarawan Sejati

Sikap yang ditunjukkan Wali Kota Batam HM Rudi di depan para pengusaha top Singapura itu, diapresiasi positif oleh beberapa tokoh di Batam.

“Pak Rudi dangat bijak menyampaikan paparannya. Di hadapan sejumlah investor, Rudi justru tampak kenegarawanannya,” ujar tokoh yang enggan disebut namanya itu.

Menurutnya, Rudi telah mengesampingkan perbedaan pandangan sesama pengelola Batam.

Meski kita akui, lanjutnya, friksi itu kadang hilang timbul di Batam, namun saya lihat di sini, bagaimana Rudi sebagai wali kota menunjukkan kesiapan Batam di hadaoan para calon investor luar negeri.

“Bahwa ada masalah di Batam itu kondisi internal yang sedang dicari jalan keluarnya.

Di Batam kita boleh berbeda haluan, tapi di luar negeri kita satu tujuan,” pungkasnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.