HMR: Batam Harus Asri dan Sejuk

Kabar Baik dari Batam

HMR: Batam Harus Asri dan Sejuk

2 min read

Sejak diluncurkan akhir 2017 lalu, hingga saat ini Gerakan penanaman sejuta pohon Ketapang Kencana (terminalia mantaly) yang dicanangkan Walikota Batam Haji Muhammad Rudi (HMR) terus berlanjut. Bahkan program ini dikenalkan hingga ke kota lain di luar Batam.

Misalnya, sesi Penanaman Pohon Khas Kota, pada perhelatan Rapat Kerja Wilayah Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia atau disingkat APEKSI, Senin (22/4/2019) di Kota Tanjungpinang, hingga acara Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia, di Semarang, Kamis (4/7/2019) lalu.

Pada dua perhelatan timgkat nasional tersebut, Walikota Batam Haji Muhammad Rudi (HMR) yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Yusfa Hendri, menanam pohon ketapang kencana ini.

“Sesuai program awal RPJMD kita, suatu waktu nanti Batam akan dihiasi sejuta pohon Ketapang Kencana. Penanamannya sudah dimulai, tapi acara resminya hari ini. Hari ini yang ditanam Pramuka 1.020 pohon. Tidak berhenti di sini, jalan terus sampai terpenuhi satu juta,” kata HMR saat itu.

Tekad tersebut kembali ditegaskan HMR saat safari Maghrib-Isya beberapa hari lalu. Menurutnya, menanam pohon adalah perbuatan yg mendatangkan pahala. “Kalau orang berteduh, nyaman. Kita dapat pahala,” ajaknya memotivasi.

Selain itu, menanam pohon juga menjadi cerminan sikap peduli lingkungan. “Batam harus asri dan sejuk, infrastruktur yang sudah semakin baik, harus diikuti dengan taman-taman kota yang semakin baik pula,” jelasnya.

Untuk itu, HMR meminta agar Gerakan Sejuta Pohon Ketapang Kencana harus jadi usaha bersama seluruh masyarakat. Bahkan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Batam harus menjadi contoh terdepan gerakan ini.

“Secara rutin (OPD) harus memupuk pohon-pohon (ketapang kncana) yang sudah ditanam, sebagaimana sudah dibagi di wilayahnya masing-masing,” tegas Rudi. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.