Agar Bahan Pangan Lebih Terjangkau, Pemko Batam Gandeng Tanjab & Kerinci

Kabar Baik dari Batam

Agar Bahan Pangan Lebih Terjangkau, Pemko Batam Gandeng Tanjab & Kerinci

1 min read

Pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam hal ini Walikota Batam Haji Muhammad Rudi (HMR) melakukan penandatanganan kerjasama dengan dua daerah penghasil pertanian, pada Senin (22/7/2019). Kedua daerah itu adalah Tanjung Jabung Barat (Tanjab) dan Kerinci, keduanya di Provinsi Jambi.

Sebagaimana dilansir Tribun Batam, potensi hasil pertanian dari kedua daerah itu yang akan dikirim ke Batam di antaranya beras, cabai, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Penandatanganan kerjasama dengan Tanjung Jabung Barat ini sempat pernah juga dilakukan beberapa tahun lalu, namun hingga saat ini belum berjalan. Hal ini dikarenakan terkendala transportasi untuk mengangkut barang-barang tersebut.

Sebelumnya, belum ada kapal roro yang langsung ke Batam melainkan harus singgah terlebih dahulu melalui Dabo Singkep.

“Sekarang sudah ada perusahaan yang melayani dari Kuala Tungkal langsung ke Batam. Kemarin yang dibantu pemerintah rutenya dari Tungkal-Dabo baru ke Batam,” ujar Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial.

Artinya, kalau melalui rute transit akan membutuhkan waktu yang cukup panjang sehingga bahan pertanian akan busuk di jalan sebelum sampai tujuan. Selama 6 bulan terakhir, menurutnya, sudah ada pengusaha yang melayani dari Kuala Tungkal langsung ke Batam. Perjalanan ditempuh kurang lebih 14 jam.

“Kalau bawa sayur masih bisalah 14 jam,” ujarnya. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan di Lantai V kantor Wali Kota Batam. ***
_________
Sumber: Tribun Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.