Tambang Pasir Laut Sebabkan 60 Persen Pulau Citlim Karimun Rusak

Kabar Baik dari Batam

Tambang Pasir Laut Sebabkan 60 Persen Pulau Citlim Karimun Rusak

1 min read

Walikota Batam H Muhammad Rudi tegas menolak tambang pasir laut di perairan Pulau Batam. Karena dampaknya sangat berbahaya. Jumat kemarin, Kompas melakukan liputan hancurnya sebuah pulau akibat tambang pasir laut. Mari simak liputannya.

Pulau itu bernama Citlim, yang terletak di Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Kini kondisinya sangat memprihatinkan. Bahkan, saat ini diperkirakan kondisi kerusakan pulau terdepan tersebut akibat aktivitas tambang pasir laut mencapai 60 persen.

Komandan Guskamla Armada I Laksamana Pertama Yayan Sofian yang melihat langsung kondisi pulau tersebut mengaku sangat miris.

Pulau yang memiliki pemandangan yang indah seharusnya dikembangkan menjadi kawasan pariwisata, bukan malah dijadikan kawasan tambang pasir laut.

Tidak itu saja, dirinya mengaku jika hal ini tidak cepat dicegah tidak menutup kemungkinan akan berimbas kepada masyarakat maritim yang ada disekitar pulau tersebut.

“Banyak terdapat kubangan-kubangan yang memprihatinkan. Dan rata-rata kubangan tersebut dampak dari penggalian pasir,” kata Yayan usai meninjau Kapal dan Tongkang pembawa pasir yang diamankan, Kamis (25/7/2019).

Selain terdapat sejumlah kubangan dengan kedalaman yang cukup dalam, sejumlah hutan di pulau tersebut juga terlihat rusak.

Padahal, garis pantai di pulau tersebut sangat bagus dan menarik dan jika dikembangkan bakal menjadi objek wisata baru bagi Kabupaten Karimun.

“Untuk kerusakan yang ada tidak bisa diperbaiki kecuali hutannya dengan dilakukan penanaman pohon kembali,” ujarnya.

“Tapi kalau kubangan bekas galian pasir, hal itu tidak bisa diperbaiki karena terlalu dalam dan sangat membahayakan,” katanya menambahkan. ***
—–
Selengkapnya:ย https://amp.kompas.com/โ€ฆ/tambang-pasir-laut-sebabkan-60-perโ€ฆ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ Katabatam.com | Newsphere by AF themes.