Ribuan Wisman Bersiap Hadiri Peresmian Masjid Sultan

Kabar Baik dari Batam

Ribuan Wisman Bersiap Hadiri Peresmian Masjid Sultan

2 min read

Meski belum diresmikan, nama Masjid Agung Sultan Mahmud Riayatsah sudah masyhur hingga manca negara. Bahkan saat ini, lebih dari 1.000 wisatawan mancanegara (wisman) menyatakan hadir saat peresmian masjid yang berada di Tanjunguncang, Batuaji, Batam pada Jumat, 20 September mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata mengatakan, jumlah wisman ini masih mungkin bertambah karena promosi terus dilakukan hingga jelang hari peresmian.

“Optimis bisa 1.500 wisman yang hadir. Target kita wisman Malaysia dan Singapura. Kita jual agenda peresmian masjid ini dalam satu paket perjalanan wisata,” kata Ardi di Batam Centre, Rabu (7/8).

Masjid yang memiliki luas bangunan 57.144 meter persegi ini juga dipersiapkan sebagai destinasi wisata. Dengan adanya masjid berwarna dominan putih tersebut, diharapkan kunjungan wisman bisa meningkat khususnya dari sisi wisata religi.

Selain wisman, target wisatawan juga diharapkan datang dari dalam negeri. Untuk itu, saat peresmian nanti juga akan mengundang Kementerian Pariwisata serta Kepala Dinas Pariwisata se-Indonesia.

“Masjid Sultan ini disebut-sebut akan menjadi masjid terbesar di Sumatra yang ada sekarang. Karena itu sangat berpotensi menjadi penarik wisatawan yang efektif, baik mancanegara maupun nusantara. Kementerian juga mendukung,” tutur mantan Kepala Bagian Humas Setdako Batam ini.

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah ini dibangun Pemerintah Kota Batam dengan anggaran tahun jamak 2017-2019 sebesar Rp 260,85 miliar. Masjid ini mampu menampung puluhan ribu jemaah.

Sebagai fasilitas yang disiapkan untuk kunjungan wisatawan, masjid ini juga menyediakan lahan parkir yang luas. Dapat menampung 308 mobil dan 331 motor di rubanah, serta 10 bus, 105 mobil, dan 107 motor di halaman masjid.

Menara utama masjid didirikan setinggi 99 meter, mengambil makna filosofis nama-nama baik Allah atau asmaul husna. Pengunjung bisa naik ke menara untuk melihat pemandangan sekeliling. Sarana lift tersedia untuk menaikkan pengunjung ke titik pandang. ***
___________
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.