Jumlah Hewan Qurban Naik 41 Persen

Kabar Baik dari Batam

Jumlah Hewan Qurban Naik 41 Persen

1 min read

Luar biasa antusiasme masyarakat berqurban pada Idul Adha 1440H/2019 ini. Menurut data, hewan kurban di Batam tahun ini meningkat 41 persen dibanding tahun lalu. Pada Idul Adha 1440H/2019 ini jumlah hewan kurban sebanyak 3.904 ekor. Sedangkan tahun sebelumnya, warga Batam menyembelih 2.768 ekor saja.

“Alhamdulillah jumlahnya naik. Baik kambing maupun sapi jumlahnya bertambah,” kata Ketua Pelaksana Ibadah Kurban Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Dirham di Sekupang, Jumat (9/8/2019).

Jumlah sapi kurban tahun ini terdata sebanyak 1.285 ekor. Naik dibanding tahun lalu 970 ekor sapi. Sementara jumlah kambing yang akan dikurbankan tahun ini 2.620 ekor. Juga naik dibanding tahun sebelumnya 1.796 ekor kambing.

Kenaikan ini terjadi hampir di seluruh kecamatan. Hanya Batuampar, Bulang, Lubukbaja, dan Batuaji yang alami penurunan jumlah hewan kurban. Dan penurunannya pun tak signifikan, berkisar 7-19 persen.

Sedangkan persentase kenaikan di kecamatan lain sangat tinggi. Ada yang mencapai hampir 200 persen atau tiga kali lipat.

“Yang paling meningkat itu Nongsa. Naik 173 persen dari 62 ekor ke 169 ekor. Ini membuktikan semangat berkurban masyarakat Batam tinggi. Dan tidak terpengaruh dari keadaan ekonomi,” ujarnya.

Kurban terbanyak berada di Kecamatan Batamkota, 867 ekor naik 123 persen dibanding Idul Adha sebelumnya. Kemudian Kecamatan Bengkong 660 ekor, naik 112 persen.

Ia mengatakan semakin banyak yang ikut ibadah kurban semakin bermanfaat bagi penerima. Karena pendistribusian daging kurban akan diprioritaskan bagi mereka yang membutuhkan.

“Saling berbagi. Itu intinya. Mudah-mudahan pelaksanaan ibadah kurban ini bisa merekatkan tali silaturahmi antar umat,” kata dia. ***
___________
Sumber: Media Center Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.