Cegah Penyakit Menular, Dinkes Gelar Survei

Kabar Baik dari Batam

Cegah Penyakit Menular, Dinkes Gelar Survei

1 min read

Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam melakukan survei keluarga sehat (KS) untuk antisipasi penyakit menular dan prilaku dan kesehatan lingkungan.

Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan, ada 12 aspek yang dinilai saat survei dilakukan oleh petugas masing-masing puskesmas.

“Survei ini memastikan keluarga sehat, jika ada temuan akan langsung ditangani dan mencegah penularan lebih dini,” kata dia, Senin (12/8/2019).

Ia menyebutkan indikator yang menjadi penilaian yaitu keluarga mengikuti KB, bayi mendapatkan imunisasi dasar, pertumbuhan balita, penderita TB, Hipertensi hingga gangguan jiwa yang ditelantarkan.

“Kadang ada beberapa orang yang tidak rutin memeriksakan diri dan itu kan tidak baik,” ujarnya.

“Apalagi kalau mereka menderita penyakit menular. Jadi kami menjaga kesehatan lingkungan juga,” bebernya lagi.

Selain itu, petugas juga mendata perokok yang ada di satu keluarga. Berdasarkan hasil riskesdas 2018 prevalensi perokok usia 18 tahun mencapai 21, 8 persen atau 196.870. Sedangkan untuk TB mencapai 2469 kasus.

Ia menambahkan dari jumlah penduduk Batam, total yang sudah disurvei mencapai 30 persen.

Ia menargetkan survei ini bisa selesai hingga akhir tahun nanti. Selanjutnya hasil survei ini akan menjadi dasar dalam memetakan penyakit, dan prilaku hidup sehat masyarakat Batam.

Menurutnya selain data yang diterima dari puskesmas dan rumah sakit, survei keluarga sehat ini juga sangat membantu nantinya.

“Jadi nantinya bisa diketahui keluarga yang disurvei ini berapa presentasenya yang sehat. Berdasarkan itu jadi tahu apa yang dibutuhkan dan hal yang harus dibenahi ke depannya,” ujarnya. ***
______
Sumber: https://batampos.co.id/…/antisipasi-penyakit-menular-dinke…/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.