Gladi Bersih Lancar, HMR Irup HUT 74 RI

Kabar Baik dari Batam

Gladi Bersih Lancar, HMR Irup HUT 74 RI

2 min read

Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) akan menjadi inspektur upacara (Irup) detik-detik Proklamasi dan penurunan bendera dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 Tingkat Kota Batam.

Sebagai kesiapan pelaksanaan upacara tersebut, Pemerintah Kota (Pemko) Batam bersama stake holder terkait menggelar gladi bersih, Kamis (15/8) pagi di Dataran Engku Putri.

“Hari ini kita melaksanakan gladi bersih setelah kemarin (Rabu, 14/8/2019) kita melaksanakan gladi kotor. Setelah kegiatan gladi ini diharapkan saat upacara detik-detik proklamasi semua kegiatan dapat berjalan lancar. Bagaimana pelaksanaan upacara berlangsung dengan khidmat sesuai dengan semangat kemerdekaan,” ujar Asisten Pemerintahan dan Kesra, Yusfa Hendri mengawal pelaksanaan gladi.

Sebagai Inspektur upacara pada pelaksaan gladi bersih, Komandan Lanal Batam, Alan Dahlan yang juga sebagai cadangan inspektur upacara kenaikan bendera.

Sebagai komandan upacara Mayor Laut (KH) Yudhi Widayat Patria, Pasops Lanal Batam dan Perwira Upacara Kapten Laut (T) Ridwan Q.R, Pasminlog Lanal Batam. Naskah Proklamasi pada saat upacara penaikan bendera, Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto dan pembaca do’a Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Batam, Zulkarnain.

Yusfa mengatakan gladi ini sesuai dengan pelaksanaan upacara karena pasukan dilengkapi sesuai yang dimintakan. Selain itu pasukan pengibar bendera (Paskibra) juga mengenaian seragam putih-putih lengkap.

Selama dua hari melaksanakan gladi menurutnya yang ditekankan bagaimana semua pasukan bisa mengikuti rangkaian upacara secara baik. Diakuinya terdapat beberapa unsur yang kurang disiplin dalam mengikuti upacara.

“Ditekankan kepada semua pasukan agar tidak ada gerakan tambahan diluar yang diperintahkan. Terutama kepada kalangan sipil dan pelajar, mereka tidak dalam keadaan siap,” ujarnya.

Katanya, Pemerintah Kota Batam telah mempersiapkan serangkaian acara dalam rangka memperingati hari kemerdekaan ke-74 RI. Di awali dengan penaikan bendera, pemberian remisi, penurunan bendera, pawai taptu, renungan suci, malam resepsi, pawai budaya dan pawai pembangunan.

“Kami mengimbau agar masyarakat dapat hadir menyaksikan seluruh rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI. Saat penurunan misalnya ada atraksi dan oubade yang akan ditampilkan dan ini terbuka untuk umum. Begitu juga dengan pawai budaya dan pawai pembangunan akan dipusatkan di Dataran Madani dan dapat disaksikan oleh masyarakat,” jelas Yusfa.

Gladi bersih dihadiri lengkap oleh personil TNI/Polri yang terlibat dalam pelaksanaan upacara kemerdekaan. ***
_________
Sumber: Humas Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.