Yusfa Hendri, Sosok di Balik Kemeriahan HUT ke 74 RI Tingkat Kota Batam

Kabar Baik dari Batam

Yusfa Hendri, Sosok di Balik Kemeriahan HUT ke 74 RI Tingkat Kota Batam

3 min read

“Selamat siang, mohon izin komandan. mohon izin melaporkan…”

“Maaf, izin Pak… kami mau bertanya…”

“Malam pak Yusfa… Kalau bisa kami minta…”

“Jangan lupa nanti…”

Demikian rangkaian bunyi pesan pendek yang kerap diterima Yusfa Hendri. Intensitasnya kian meningkat, jelang hari H HUT ke 74 RI, 17 Agustus 2019. Ada laporan, minta tolong, hingga bernada perintah.

Semua pesan itu diterima, dicerna dan bila penting, langsung dieksekusi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemko Batam, yang saat ini ditunjuk oleh Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) sebagai Ketua Umum Panitia HUT ke 74 RI Kota Batam.

“Sesuai arahan Pak Walikota agar seluruh unsur masyarakat di Kota Batam mulai dari militer, sipil, organisasi masyarakat serta pelajar terlibat untuk memeriahkan HUT kemerdekaan RI,” ujar Yusfa Hendri usai memimpin rapat persiapan HUT RI di Lantai IV Kantor Walikota Batam, Selasa (29/7/2019) lalu.

Untuk itu Yusfa harus menyosialisasikan tema HUT RI ke-74 tahun “SDM Unggul Indonesia Maju” ke segenap masyarakat, sehingga momen peringatan HUT RI ke-74 tahun ini diharapkan dapat merekatkan seluruh komponen masyarakat Kota Batam.

Kesibukannya pun meningkat. Dari mulai memimpin rapat koordinasi internal di Pemerintah Kota Batam sendiri hingga eksternal yang melibatkan instansi lain, baik sipil maupun militer yang terlibat langsung dalam perayaan kemerdekaan ini.

Belum lagi memeriksa daftar tamu-tamu yang akan hadir atau diundang di acara sakral tersebut dan menyiapkan tim untuk mengkoordinir, mulai undangan, penyambut tamu, mc hingga atraksi pendukung. Semua dalam koordinasinya. Termasuk memastikan semua rangkaian dalam acara HUT RI ini berjalan lancar.

Seperti, lomba gerak jalan 5 Km, 8 Km dan 17 Km, Sabtu (3/8/2019). Pengukuhan anggota Paskibraka Rabu (14/8/2019), pawai obor/Taptu dan renungan suci, Jumat (16/8/2019), upacara peringatan detik-detik proklamasi, pemberian remisi dan upacara penurunan bendera, Sabtu (17/8/2019) serta upacara hari Pramuka, Minggu (18/7/2019)

Bahkan tak jarang, Yusfa langsung meninjau ke lapangan untuk melihat sejauh mana persiapannya yang kadang antara venue satu dan yang lain terpisah jarak cukup jauh. Di antaranya Dataran Engku Putri dan Dataran Engku Hamidah.

Seperti yang nampak Jumat (16/8/2019) lalu, sejak pagi Yusfa sibuk mengawal jalannya gladi bersih, kesiapan pasukan, hingga kedatangan kendaraan tempur pasukan khusus Marinir dan Brimob Polda Kepri, untuk menyemarakkan jalannya perayaan HUT ke 74 RI di Batam.

Hingga sore harinya, Yusfa masih mengantar Walikota HMR untuk melihat finalisasi persiapan jelang perayaan HUT RI, seperti pawai Taptu di Dataran Engku Hamidah, depan Edukits hingga Upacara Detik-detik Proklamasi dan Penurunan Bendera.

Membuat agar acara HUT ke 74 RI Kota Batam semeriah mungkin memang tak mudah. Perlu melibatkan segenap unsur masyarakat. Maka itu, Yusfa berpikir keras bagaimana semua bisa ikut serta dengan gembira. Caranya: dengan menggelar aneka lomba kreatif.

“Tahun ini Pemko Batam juga menggelar lomba gapura dalam rangka menyemarakkan hari kemerdekaan di lingkungan masyarakat,” jelasnya, sembari mengimbau agar masyarakat berperan serta mengikuti lomba gapura dengan menghias gapura dengan pernak pernik bertemakan kemerdekaan.

Lomba gapura tingkat Kota Bata mini menurutnya akan memperebutkan tropy dan uang pembinaan. “Kita juga mengimbau intansi vertikal maupun perusahaan untuk memasang umbul-umbul dan bendera untuk menyemarakkan hari kemerdekaan,” tuturnya.

Di tingkat kecamatan pun telah disiapkan event dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan seperti lomba perahu layar, lomba sampan layar, fun bike, jalan santai, pesta anak kampung, pesta rakyat jaranan kuda lumping, smilling morning dan pesta anak pantai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.