Pemko Upgrade Guru TPQ Hadapi Era Teknologi Global

Kabar Baik dari Batam

Pemko Upgrade Guru TPQ Hadapi Era Teknologi Global

2 min read

Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Bagian Kesra Sekdako memberikan pelatihan kepada 100 orang Guru BMGQ Kota Batam, Rabu (21/8) di lantai IV Kantor Walikota. Pelatihan ini dibuka Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) melalui Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin.

Tema pelatihan kali ini “Upgrading, Tantangan dan Peluang Guru TPQ Di Era Teknologi Global”. Pelatihan ini dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako Batam Yusfa Hendri.

Kepada guru TPQ, Jefridin mengatakan saat ini dunia sudah serba canggih dan ini menjadi satu tantangan bagi seorang guru terutama saat melakukan transfer ilmu kepada anak didiknya.

Untuk itu seorang guru TPQ harus meng-upgrade diri terutama metode dalam mengajar anak didik. Pelatihan ini menurutnya sebagai salah bentuk perhatian Walikota kepada guru TPQ.

Guru TPQ dalam mengajar harus menguasai cara bagaimana anak-anak bisa baca Alquran. Ada kebijakan Pemda dan Kemenag masuk sekolah harus bisa membaca Aquran.

“Pak Wali menitipkan kepada bapak/ibu agar dapat mengajar anak kita khususnya muslim bukan hanya membaca Alquran tapi juga paham dan mengamalkannya. Kembangkan lagi metode pembelajaran sehingga anak didik kita tidak bosan,” jelas mantan Lurah Tanjunguma ini. ***

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Cahaya Permata, dosen UIN Sumatera Utara, H Sarbaini, Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kemenag Kota Batam dan Anne Putri Harini dari BNN Kota Batam.

Ketua Badan Musyawarah Guru TPQ (BMGQ) Kota Batam, Deden Sirajudin mengucapkan terimakasih kepada Pemko Batam yang telah memfasilitasi dan memberi kesempatan guru TPQ untuk menambah ilmu pengetahuan. Melalui pelatihan yang diberikan menurutnya guru dapat menambah wawasan dan pengalaman baru.

“Mudah-mudahan melalui tema ini dapat meningkatkan kualitas dan profesionalitas guru TPQ. Karena isu yang bermunculan akan menjadi tantangan terhadap anak-anak yang diajar,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Batam Riama Manurung menyampaikan laporannya.

Ia mengatakan dari tangan guru TPQ-lah akan lahir anak-anak yang bisa membaca dan mengamalkan Alquran. Anak-anak inilah menurutnya yang akan menjadikan Batam sebagai Kota Bandar Dunia yang Madani. ***
—————
Sumber: Humas Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.