MPP Batam Terkenal Luar Biasa,  Walikota Singkawang Ingin Meniru

Kabar Baik dari Batam

MPP Batam Terkenal Luar Biasa,  Walikota Singkawang Ingin Meniru

2 min read

Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) menerima kunjungan kerja Walikota Singkawang ibu Tjhai Chun Mie, Kamis (29/8/2019) di ruang rapat presentasi lantai V Kantor Walikota.

Tjhai Chun Mie beserta rombongan datang untuk belajar dan mencontoh mal pelayanan publik (MPP) yang ada di Batam. Diakuinya pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) yang dimiliki Batam sudah terkenal se Indonesia dan menjadi pilot project.

“MPP Batam terkenal luar biasa. Kami juga mau memulai pelayanan satu pintu. Semoga kami yang juga berbatasan dengan Malaysia, Kucing dan Sarawak bisa mencontoh pelayanan satu pintu yang ada di Batam,” katanya memberi sambutan.

Untuk lokasi MPP di Singkawang, ia mengatakan akan mencontoh Batam dengan menyewa mall yang ada di Singkawang. Untuk tahap awal ia akan belajar lebih lanjut bagaimana system dan persyaratan yang harus disiapkan untuk mendirikan MPP.

“Segera minta data-data yang diperlukan. Kalau dalam waktu tiga tahun Pak Walikota bisa membangun kotanya dengan signifikan tentu saya yang baru dua tahun menjabat ini harus mengikuti. Kami akan tiru dan bangun di Singkawang,” ucapnya semangat.

Walikota HMR menyampaikan, pendapatan asli daerah (PAD) Kota Batam bersumber dari pajak dan retribusi. Pelayanan terpadu ini diselesaikan Pemko Batam dalam waktu empat bulan. HMR juga menyampaikan pelayanan perizinan di MPP menggandeng instansi vertikal yang ada di Kota Batam.

“Gedung MPP saat ini masih menyewa. Lahan sudah ada tinggal membangun. Saya mau nanti MPP ini benar-benar seperti mall. Ada tempat shoping sebagaimana mall-lah. Dengan begitu orang akan semakin tertarik untuk berinvestasi di Batam,” sebutnya.

HMR juga menyampaikan MPP Batam sudah menggunakan system online single submission (OSS). Dengan begitu ritme untuk face to face semakin kecil karena semua menggunakan system. Sistem ini menurutnya banyak membantu karena perizinan tidak lagi melalui pimpinan melainkan kepala PTSP. Sebagai pimpinan menurutnya ia hanya mengontrol perizinan yang ada.

“Kita tiru Singapura sedikitlah. Persyaratannya apa tinggal dimasukkan tidak perlu ketemu orang,” kata Rudi menjelaskan system OSS.

Atas kunjungan Walikota Singkawang ke Kota Batam, HMR menyampaikan ucapan terimakasih. Ia juga mempersilahkan rombongan untuk datang dan melihat langsung pelayanan perizinan yang ada di PTSP.

“Silakan langsung ke MPP melihat pelayanan perizinan di sana. Semoga dengan datang ke Batam bisa menjadi refenrensi bagi ibu, khususnya MPP,” pungkasnya. ***
_____________
Sumber: Humas Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.