Yusfa Hendri, Mentor Bertangan Dingin Diklatpim III, Bawa Delegasi Pemko Batam Juara

Kabar Baik dari Batam

Yusfa Hendri, Mentor Bertangan Dingin Diklatpim III, Bawa Delegasi Pemko Batam Juara

2 min read

Dari enam orang yang dikirim Pemerintah Kota Batam ke Diklatpim III ke Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri Regional Yogyakarta, lima di antaranya masuk 10 besar. Bahkan Rudi TH Panjaitan, S.STP, M. Si, meraih peringkat 1 dengan predikat sangat memuaskan.

Di balik sukses ini, selalu ada orang lain yang berperan di belakangnya. Dialah mentor. Yang menarik, empat dari lima orang yang masuk 10 besar, bahkan Rudi sendiri, dimentori oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Yusfa Hendri.

Saat bertemu dengan kataBatam di sebuah warung kopi, kemarin, mantan Kepala Dinas Perhubungan ini membeberkan sedikit kiat suksesnya.

“Komunikasi jangan sampai terputus,” ujar lelaki yang pernah menjabat Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata itu.

Menurut Yusfa komunikasi selalu intens dia lakukan dengan keempat mentee (anak asuh). Selama kurang lebih 3,5 bulan ikut pelatihan dengan sistem On – Off Campus (dua minggu masuk-dua minggu off).

“Saat off campus saya selalu tanya sejauh mana perkembangan tugas-tugasnya. Masalahnya di mana? Kalau ada kita pecahkan bersama,” ujarnya.

Seperti diketahui di saat-saat akhir Diklat, peserta Diklatpim III yang juga disebut dengan “project leader” diharuskan untuk membuat proyek perubahan untuk di implementasikan dalam penugasan oleh Walikota Batam H Muhammad Rudi.

Walikota selanjutnya memberikan arahan dan bimbingan khususnya saat pertemuan dengan RT dan RW se Kota Batam sebagai locus proyek perubahan.

Misal, proyek perubahan yang dikerjakan Rudi Panjaitan yang menjabat Kabag Tata Pemerintahan Pemko Batam, adalah upaya pembaharuan dalam penerapan Elektronik Monitoring Insentif Lembaga Kemasyarakatan (E-MILK) di Kota Batam.

“Saat itu kami terus berkoordinasi dan komunikasi. Sehingga semua bisa berhasil,” jelasnya.

Tak hanya dengan para anak asuh, kepiawaian mentor juga diperlukan saat berhadapan dengan dosen penguji.

“Saat on campus, sering saya yakinkan pada penguji tentang seperti apa keunggulan dan peluang program yang dilakukan oleh mentee,” ungkap mantan Kabag Humas ini.

Usaha tak menghianati hasil. Semua yang dilakukan Yusfa membuahkan kegemilangan. Keempat mentee-nya masuk 10 besar. Bahkan Rudi Panjaitan masuk peringkat 1.

Berikut nama-nama peserta yang masuk 10 besar tersebut, berdasar nomor peringkat yang diraih:

1. Rudi TH Panjaitan, S.STP, M. Si (Mentor: YUSFA HENDRI)
2. Sarifah Lily Anggraini, S.STP (Mentor: Zarefriadi)
3. Utusan Pemkab Kendal
4. Utusan Pemkab Pekalongan
5. Utusan Pemkab Merauke
6. Riama Manurung, SH. MH (Mentor: YUSFA HENDRI)
7. Ridwan Affandi, S.STP, M. Eng (Mentor: YUSFA HENDRI)
8. Utusan Pemkab Melawi
9. M. Fairuz Ramadhan, S. STP, MM (Mentor: YUSFA HENDRI)
10. Utusan Pemkab Pekalongan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.