Kondisi Udara Batam Masih Baik,  tapi Tetaplah Hati-hati

Kabar Baik dari Batam

Kondisi Udara Batam Masih Baik,  tapi Tetaplah Hati-hati

1 min read

Saat Batam sedang diselimuti kabut asap atau jerebu. Meski kondisi udara masih belum menghawatirkan, namun tetaplah waspada saat berkendara, khususnya pagi hari dan beraktivitas di luar ruangan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam, Herman Rozie mengatakan indeks standar pencemaran udara (ISPU) Kota Batam sudah mencapai ambang batas atas status baik.

“ISPU hari ini (Selasa, 10/9/2019) sudah 50. Kemarin masih di bawah 50. Nilai ISPU baik itu 0-50,” kata Herman saat di Nagoya.

Menurutnya apabila kondisi kabut asap semakin tebal, kualitas udara Batam bisa memasuki kategori sedang. Yakni pada rentang nilai ISPU 51-100.

Sementara untuk kategori tidak sehat memiliki rentang 101-199, sangat tidak sehat 200-299, dan berbahaya 300-500.

Pada Agustus 2015 lalu, Batam sempat mencapai angka ISPU 102. Artinya sudah memasuki kategori tidak sehat. Saat itu, Batam mendapat kiriman asap dari kebarakan hutan di Riau.

“Untuk melihat angka ISPU ini bisa dipantau dari alat yang ada di Batuaji dan Nagoya. Angka yang kita sampaikan sekarang ini dari alat di Nagoya,” ujar Herman.

Alat ini, sambungnya, memantau kondisi udara secara waktu terkini (real time) per 24 jam. Parameternya yaitu PM 10 (debu/partikulat dengan ukuran 10 mikron), serta gas seperti SO2, NO2, dan CO. ***
_________
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.