Layanan Pertanahan Dapat  Diakses secara Digital

Kabar Baik dari Batam

Layanan Pertanahan Dapat  Diakses secara Digital

1 min read

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara cepat dantransparan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional(ATR/BPN) menggagas Program transformasi digital.

“Dengan begitu, layanan pertanahan dapat diaksesoleh masyarakat secara elektronik dari mana saja dan kapan saja, sehingga menjadiefektif, efisien dan transparan,” ujar Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin, membacakan sambutan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil pada upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang, Selasa (24/9/2019).

Dalam upacara yang bertempat di lapangan Kantor Pertanahan Kota Batam itu, Jefridin menjadi Inspektur Upacara mewakili Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) yang berhalangan hadir.

Layanan elektronik tersebut meliputi: Hak Tanggungan, layanan informasi, Zona Nilai Tanah, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah dan informasi bidang tanah. Semua sudah bisa diakses.

“Layanan elektronik ini akan terus ditambah sehingga motto Kementerian ATR/BPN yang lebih baik akan benar-benar terwujud,” jelasnya.

Terkait penataan ruang, Kementerian ATR/BPN terus mendorong pemerintah daerah segera menyelesaikan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang(RDTR), guna memberikan kepastian hukum bagi masyarakat dan para investordalam berusaha.

Selain itu Pemda diminta terus mengembangkan layanan online bidang tata ruangdengan nama GISTARU (Geographic Information System Tata Ruang).

Upacara ini ditutup dengan penyerahan sertifikat tanah oleh Jefridin kepada masyarakat, sekaligus pemotongan tumpeng nasi kuning. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.