Pramuka Asia Pasifik Bertemu di Mukakuning

Kabar Baik dari Batam

Pramuka Asia Pasifik Bertemu di Mukakuning

2 min read

Sebanyak 2000 anggota Pramuka akan mengikuti Kemah Besar (Kemsar) di Taman Wisata Alam (TWA) Mukakuning dari 18 sampai 20 Oktober 2019. Pada acara itu akan digelar beberapa kegiatan seperti perlombaan, seminar edukatif, gerakan aksi, stand dan bazar, pesta siaga dan outbond.

“Acara ini juga disejalankan dengan Pertemuan Komite Pramuka Regional Asia Pasifik yang akan dipusatkan di Hotel Harris selama empat hari dari 18 sampai 21 Oktober 2019,” ujar Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin , selaku Ketua Harian Kwarcab Batam, Selasa (24/9/2019).

Katanya, pertemuan ini digelar untuk membahas rencana kerja mendatang, evaluasi kegiatan yang telah berlalu dan membahas isu-isu dunia kepramukaan khususnya di dunia dan kawasan Asia Pasifik.

Hal ini sejalan dengan Dasakarya atau Sepuluh Aksi Kerja dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kakak Komjen Polisi (Purn.) Budi Waseso, yang salah satunya menginginkan Gerakan Pramuka bisa aktif pada kegiatan kegiatan internasional dan dunia.

Kegiatan ini akan dihadiri oleh 70 peserta terdiri dari Pimpinan dan Anggota Komite Asia Pasifik (18 orang), Biro WOSM Kawasan Asia Pasifik (10 orang), Pimpinan dan Anggota Sub-Komite (15 orang), Narasumber Ahli (4 orang), Biro Kepanduan Dunia (3 orang), Pimpinan dan Komite ASARC (10 orang) dan Tim Kwartir Nasional (10 orang).

“Kegiatan utama bertajuk ‘Asia Pasific Regional (APR) Scout Committee Meeting’ (Pertemuan Komite Pramuka Regional Asia Pasifik),” lanjut Jefridin.

Kegiatan lain yang dilaksanakan bersama kegiatan ini yakni ASEAN Scout Association for Regional Cooperation (ASARC), Committee Meeting atau (Pertemuan Komite Pramuka Sub-Regional ASEAN/Asia Tenggara).

Dilanjut APR Partnership and Communication Sub-Committee Meeting (Pertemuan Sub Komite Asia Pasifik Bidang Kemitraan dan Komunikasi), Attending Opening Ceremonial of JOTA & JOTI of Batam (Menghadiri Seremoni Pembukaan Kegiatan JOTA JOTI Kwarcab Kota Batam) pada 19 Oktober 2019.

“Organisasi Kepramukaan Dunia atau World Organization of Scout Movement (WOSM) merupakan organisasi pendidikan kaum muda terbesar di dunia,” ujar mantan guru ini.

Wilayah kerja menurutnya telah dibagi kedalam beberapa regional diantaranya Regional Asia Pasifik, Eropa, Inter- Amerika, Afrika, Arab dan Eurosia. Tiap Regional memiliki Pengurus atau yang disebut Komite yang dipilih melalui proses demokratis setiap 3 tahun sekali pada Konferensi Kepramukaa Regional Asia Pasifik.

“Peserta akan disambut oleh Bapak Walikota dalam acara malam selamat datang. Pada malam keakraban itu kita akan menampilkan hiburan khas kebudayaan yang ada di Kepri. Untuk mempromosikan Kota Batam, peserta juga akan diajak untuk tur kota,” ucapnya. ***
____________
Sumber: Humas Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.