KEK BDP Gandeng Hollywood,  KEK MRO Bikin SMK/Politeknik

Kabar Baik dari Batam

KEK BDP Gandeng Hollywood,  KEK MRO Bikin SMK/Politeknik

2 min read

Untuk memajukan Batam, maka semua perizinan investasi harus dibenahi dengan baik, agar lebih sederhana. Selain itu harus ada beberapa terobosan lain.

Demikian pesan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian/Ketua Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam Darmin Nasution, kepada H Muhammad Rudi (HMR) saat dilantik sebagai Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam), Jumat (27/9/2019).

“Karena (jabatan Kepala) BP Batam dirangkap (oleh Walikota Batam), maka perizinan disatukan saja,” jelasnya.

Dengan demikian, lanjut Darmin, pembangunan infrastruktur harus lebih sinkron. Karena pemimpinnya satu.

Selain itu, Menko Darmin Nasution juga menyampaikan tentang dua kawasan ekonomi khusus (KEK) yang jadi konsentrasi BP Batam. Yakni Maintenance Repair & Overhaul (MRO) pesawat, kerjasama maskapai Lion dan Garuda di Hang Nadim serta KEK Batam Digital Park (BDP), Nongsa.

“KEK MRO kerjasama Lion dan Garuda. Dan akan mendirikan sekolah level SMK dan lebih ke politeknik. Semua sudah siap tinggal keluar PP-nya (peraturan pemerintah),” jelasnya.

Khusus KEK BDP Nongsa, akan ada percepatan pengembangan dan kerjasama, termasuk dengan Hollywood dan ada pendidikan (semacam sekolah perfilman).

“Sehingga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Batam dan daerah lain,” harapnya.

“Mari kita tunjukkan bahwa Batam akan jauh lebih baik,” harapnya.

Menurut Darmin, sebenarnya saat ini sudah ada investasi baru yang masuk. “Tadi Pak Rudi sudah sampaikan ke saya,” ungkapnya.

Dengan adanya dua KEK ini, maka nantinya akan disusul dengan pembentukan KEK yang lain. Artinya akan ada KEK KEK baru di Batam.

“Dengan demikian, setelah 42 tahun, Batam bisa menjadi satu kawasan yang benar-benar melahirkan beragam investasi yang sesuai dengan perkembangan perekonomian dunia,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.