Pembina Pramuka Tak Hanya jadi Kakak,  tapi juga Motivator

Kabar Baik dari Batam

Pembina Pramuka Tak Hanya jadi Kakak,  tapi juga Motivator

1 min read

Pembina Pramuka adalah anggota dewasa yang memiliki komitmen tinggi terhadap prinsip-prinsip dalam kepramukaan. Dia harus penuh kesabaran memotivasi, membimbing, membantu serta memfasilitasi kegiatan pembinaan peserta didik.

Demikian disampaikan Ketua Harian Kwarcab Pramuka Batam H Jefridin, saat menjadi pembicara di Pitaran Pelatih Kwartir Cabang Batam, Sabtu (28/9/2019).

“Pembina Pramuka harus bisa membuat peserta didik menjadi manusia berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur,” ujar suami Ketua DWP Batam Hariyanti ini dalam makalahnya yang mengupas tentang Peran, Tugas dan Tanggungjawab Anggota Pramuka Dewasa itu.

Selanjutnya di depan pimpinan Pramuka se Kota Batam tersebut, Sekda Kota Batam ini menjelaskan apa dan bagaima tanggungjawab Pembina Pramuka.

“Pembina Pramuka bertanggung jawab atas pengembangan mental, moral, spiritual, fisik, intelektual, emosional, dan sosial peserta didik, sehingga memiliki kematangan dalam upaya peningkatan kemandirian serta aktivitasnya di masyarakat,” jabarnya.

Sedangkan perannya, Pembina Pramuka harus menjadi orang tua yang dapat memberi penjelasan, nasihat, pengarahan dan bimbingan. Serta bagai guru yang mengajarkan berbagai keterampilan dan pengetahuan.

“Harus mampu juga menjadi kakak, mitra, konsultan, motivator hingga fasilitator kepada adik-adik binaannya,” pungkas mantan guru Bahasa Indonesia ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.