Kenduri Seni Melayu Batam Masuk Even Wisata Nasional

Kabar Baik dari Batam

Kenduri Seni Melayu Batam Masuk Even Wisata Nasional

2 min read

KENDURI Seni Melayu (KSM), event Batam yang melibatkan beberapa negara tetangga, masuk dalam 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2020.

Even ini diluncurkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (15/10/2019) malam.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, CoE Wonderful Indonesia sebagai kalender pariwisata nasional, merupakan salah satu program strategis Kemenpar dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui atraksi guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, bahkan menggerakan wisatawan Nusantara untuk berwisata di Tanah Air.

Arief berharap CoE 2020 akan berdampak besar dalam mendongkrak kunjungan wisman serta menggerakkan wisnus ke destinasi yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Tercatat sebanyak 100 event pariwisata unggulan itu akan digelar sepanjang tahun ini.

“Daerah yang menggelar event pariwisata jadi dikenal oleh wisatawan dunia dan menarik wisatawan untuk mengetahui destinasi di daerah itu,” katanya.

Sebagai informasi, penetapan CoE Wonderful Indonesia tersebut berawal dari arahan Presiden Joko Widodo saat Sail Tomini 2015 yang mengharapkan agar penyelenggaraan event di Indonesia mempunyai standar nasional dan internasional dalam kemasan, baik dari segi koreografi, arrangement musik, maupun penataan kostum atau busana.

CoE wajib menggunakan kriteria 3C (Cultural/Creative Values, Commercial dan Communication Values, dan CEO Commitment) dan dikurasi oleh para kurator professional di bidangnya.

Ratusan event pariwisata yang diusulkan daerah dari 34 provinsi di seluruh Indonesia kemudian dikurasi oleh Tim Kurator Kemenpar untuk ditetapkan sebagai 100 CoE Wonderful Indonesia 2020.

Di antara 100 event tersebut juga ditetapkan sebagai Top-10 CoE 2020. Event yang masuk dalam CoE 2020 akan mendapatkan pendampingan dari Kemenpar agar memiliki nilai jual serta lebih menarik bagi wisatawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam Ardiwinata mengatakan, KSM merupakan salah satu andalan Batam. Bahkan, event ini sudah digelar selama 19 tahun dan melibatkan sejumlah negara. “KSM ini rutin kita laksanakan, setiap tahun, tak pernah ada jeda. Tahun ini digelar yang ke-20,” kata Ardi.

Event ini juga sebelumnya mendapat penghargaan di ajang Anugerah Pariwisata Kepulaun Riau 2019 di Pacific Palace Hotel, Sabtu (31/8/2019) malam lalu. ***
___________
Sumber : Ardiwinata
Foto: Batam Pos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.