Dekranasda Ajak UIB Majukan Bisnis Batik Batam ke Mata Dunia

Kabar Baik dari Batam

Dekranasda Ajak UIB Majukan Bisnis Batik Batam ke Mata Dunia

2 min read

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekransda) Kota Batam saat ini sudah memiliki batik yang berkualitas. Sayangnya, banyak pengrajin masih awam soal pengembangan, bisnis dan manajemen produksi.

Untuk membantu pengrajin itulah, Ketua Dekransada Kota Batam Hj Marlin Agustina Rudi membuat terobosan dengan menggandeng Universitas Internasional Batam (UIB) sehingga pasar batik Batam bisa terbuka lebih luas lagi.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU (memorandum of understanding) tentang pengembangan desain dan menejemen marketing pengembangan batik Batam di Aula UIB, Senin (21/10/2019).

“Dekransda Kota Batam dalam tiga tahun terakhir ini bekerja sangat keras untuk meningkatkan produksi, kualitas, kuantitas dan tenaga ahli batik Batam,” ungkal Marlin.

Berkat kerja keras itu, kini kualitas Batik Batam tidak kalah dengan batik dari pulau Jawa. “Namun masih perlu proses agar warisan budaya ini dapat bersaing di dunia industri kreatif,” ujar istri Walikota Batam/Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam H Muhammad Rudi (HMR).

Selain itu, batik Batam terus berinovasi dengan memproduksi beberapa jenis motif batik baru, seperti gong-gong, biota laut, abstrak, dan yang lagi viral saat ini adalah batik ikan marlin.

Selain produk, kualitas para pengrajin juga ditingkatkan dengan diadakannya pelatihan-pelatihan yang menghadirkan instruktur yang kompeten di bidang membatik.

Hasilnya, kini Kota Batam telah memiliki 20 pengrajin batik yang mempekerjakan puluhan orang.

“Namun, kami masih keteteran dalam memproduksi dan menghitung secara bisnisnya, karena itu ibu butuh bantuan mahasiswa/mahasiswi UIB untuk dapat membantu kami,” pinta Marlin.

Menjawab ini, Dekan Teknik Sipil dan Perencanaan UIB Mulia Pamadi, memuji semangat Marlin. Menurutnya tidak banyak para pemimpin daerah yang memiliki jiwa kreatif dan inovatif dalam mengembangkan industri kretif ini.

“Semoga kerjasama ini dapat mengembangkan batik batam menjadi ikon dan jatidiri Kota Batam, sehingga membuka peluang bagi para penggiat industri kreatif,” ujar tokoh properti di Batam ini. ***
_______________
Sumber: Humas Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.