Kian Serius, Lahan Data Center Mulai Dicek

Kabar Baik dari Batam

Kian Serius, Lahan Data Center Mulai Dicek

1 min read

Rencana Kementerian Kominfo RI membangun data centre atau pusat data nasional di Batam semakin mendekati nyata. Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Salim mengatakan tim akan datang untuk cek calon lokasi pembangunan data centre ini.

“Hari ini timnya datang dari Jakarta untuk cek lokasi,” kata Salim di Batam Centre, Kamis (31/10).

Adapun lokasi yang disiapkan Pemerintah Kota Batam untuk pembangunan data centre ini adalah di Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung.

Tepatnya di dekat jalan masuk ke Kampung Tua Tiangwangkang. Atau berjarak kurang dari 2 kilometer sebelum memasuki jembatan I Barelang. Bangunan terdekat yang ada saat ini adalah Pos Pemadam Kebakaran Tembesi.

“Lahannya ada sekitar 4 hektare yang siap untuk dihibahkan ke Kementerian. Saat ini status lahannya sudah PL (pengalokasian lahan) Pemerintah Kota Batam,” kata dia.

Salim mengatakan data centre ini akan dibangun di empat lokasi di Indonesia. Dan untuk wilayah barat didirikan di Batam. Lokasi yang diajukan ke Kementerian ini dinilai telah memenuhi beberapa aspek persyaratan. Seperti ketinggian, jarak dengan pemukiman warga, dan sebagainya.

“Dari Kementerian menyampaikan, pertimbangan yang diambil sangat banyak dalam memilih tempat. Aspek teknis wilayah, kondisi lahan, Batam dinilai cukup baik. Posisi Batam strategis,” ujarnya.

Selain itu, berdasarkan penjelasan kementerian, pertimbangan lainnya adalah karena sistem telekomunikasi di Batam yang sangat lengkap. Seluruh wilayah Sumatra sudah terhubung ke Batam.

“Karena pakai pita lebar, fiber optik, jadi kecepatan akses internetnya juga tinggi. Pertimbangan juga termasuk dari sisi keamanan, aspek lingkungan, sampai sosio kultural,” papar Salim. ***
____________
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.