Penerbang Tempur TNI AU Digembleng di “Langit” Nongsa

Kabar Baik dari Batam

Penerbang Tempur TNI AU Digembleng di “Langit” Nongsa

2 min read

Komando Operasi TNI AU (Koops AU I) menggelar latihan Parasailing di Pantai Turi Beach Kecamatan Nongsa, Batam. Latihan yang merupakan agenda tahunan Koops AU I ini dilaksanakan tiga hari dari 1-3 November 2019. Latihan Parasailing ini melibatkan penerbang pesawat tempur dari Skuadron Udara di jajaran Koops AU I dengan total 171 orang.

Latihan dibuka oleh Panglima Komando Operasi TNI AU I Marsekal Pertama TNI M. Khairil Lubis melalui upacara pembukaan Parasailing Koops AU I Tahun Anggaran 2019 di Bandara International Hang Nadim, Jumat (1/11/2019). Upacara ini dihadiri Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad beserta anggota FKPD Kota Batam.

Latihan ini katanya bertujuan untuk melatih dan memberikan pengalaman praktis bagi penerbang tempur di jajaran Koops AU I. Dalam tugas ungkapnya, baik pada operasi maupun latihan kemungkinan menghadapi setuasi darurat. Situasi darurat ini menurutnya bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

“Praktik dilakukan dengan memanfaatkan sarana parasailing. Salah satunya bagaimana melakukan tehnik pendaratan di air. Simulasi kondisi emergency yang harus dihadapi pelaku tempur, apabila pesawat mengalami kondisi fatal tertembak misalnya dan harus melakukan penyelamatan melalui kursi lontar,” ucapnya.

Kegiatan ini dilakukan untuk menyegarkan kemanpuan setiap penerbang terkait dengan pelaksanaan emergency saat escape dan eject. Melalui latihan ini para penerbang tempur semakin siap baik dari segi ketrampilan, teknik dan mental. Pelaku tempur melakukan upaya penyelematanan terakhir menurutnya dengan melakukan eject dengan ejection seat.

“Kemampuan escape atau eject merupakan suatu keharusan bagi penerbang tempur. Latihan sudah sering dilaksanakan, diharapkan ada capaian yang mengarah pada penguatan kemampuan para penerbang tempur,” harapannya.

Kepada pelaku tempur yang mengikuti pelatihan ia memerintahkan untuk mengikuti dengan sungguh-sungguh. Mematuhi aturan dan mengikuti intruksi yang diberikan oleh komandan maupun instruktur. Mengikuti tahapan-tahapan yang telah disusun sehingga simulasi latihan ini terlaksana dengan tertib, lancar dan aman.

“Kepada komando maupun instruktur mengawasi dan menjalankan faktor keselamatan karena itu yang paling utama selama latihan berlangsung. Saya juga meminta keseriusan dari pelatih dan pelaku. Saya yakin tujuan dapat tercapai optimal,” katanya mengakhiri sambutannya.

Dimulainya Latihan Parasailing ini ditandai dengan penyematan tanda peserta yang dilakukan oleh Panglima Komando Operasi TNI AU I Marsekal Pertama TNI M. Khairil Lubis.

Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad yang hadir dalam upacara memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Panglima Komando Operasi TNI AU I Marsekal Pertama TNI M. Khairil Lubis yang telah memilih Batam sebagai tempat dilaksanakannya latihan Parasailing ini. Harapannya, pelaku tempur yang mengikuti pelatihan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat saat operasi nantinya.

“Tentunya ini menjadi kebanggaan bagi kita karena sudah memilih Batam sebagai tempat latihan. Semoga latihan berjalan dengan lancar dan apa yang menjadi tujuan akhir dapat dicapai secara maksimal oleh para penerbang hebat yang dimiliki republik ini,” tutupnya. ***
______________
Sumber: Humas Pemko Batam
Foto: Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad menyambut Panglima Komando Operasi TNI AU I Marsekal Pertama TNI M Khairil Lubis, di Bandara Hang Nadim, Batam untuk membuka latihan Parasailing Koops AU I Tahun Anggaran 2019 di Bandara International Hang Nadim, Jumat (1/11/2019).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.