Jefridin Buka Kegiatan FGD Rencana Detail Tata Ruang, Agar Kota Lebih Berkualitas

Kabar Baik dari Batam

Jefridin Buka Kegiatan FGD Rencana Detail Tata Ruang, Agar Kota Lebih Berkualitas

2 min read

PEMERINTAH Kota Batam sudah melakukan penyusunan Ranperda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi (PZ) Kota Batam di tujuh kecamatan.

Perinciannya, lima kecamatan, yaitu Kecamatan Bengkong. Batuampar, Lubukbaja, Nongsa dan Batam Kota, dibiayai dari APBD 2019 dan dua kecamatan lagi, yaitu Batuaji dan Sekupang disusun (dibiayai) oleh Kementerian ATR/BPN, dalam rangka percepatan Online Single Submission (OSS).

Demikian diungkap Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin saat membuka Focus Group Discussion (FGD) RDTR OSS dan PZ, Senin (4/11/2019).

FGD yang dihadiri Direktur Perencanaan Tata Ruang Kementerian ATR Ir. Dwi Hariyawan, MA, dilaksanakan menindaklanjuti surat dari Kementrian Agraria dan Tata Ruang (Kemen-ATR) Republik Indonesia.

Suami Ketua DWP Kota Batam Hj Hariyanti ini menyebut, penyusunan RDTR dan peraturan zonasi merupakan tindak lanjut pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (One Single Submission/OSS).

“Penyusunan RDTR dan peraturan zonasi dilakukan guna untuk mengatur fungsi ruang agar lebih berkualitas dan operasional, sehingga dapat menjadi acuan dalam pemanfaatan ruang dan proses perizinan terintegrasi/OSS,” ucap mantan guru Bahasa Indonesia ini.

Terkait penyediaan peta dasar, Pemko Batam bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Badan Informasi Geospasial (BIG). Selian itu sudah melakukan Nota Kesepahaman bersama BIG pada 4 Desember 2018.

“Kemudian dilanjutkan dengan melakukan perjanjian kerjasama pada tanggal 11 Februari 2019 untuk pembuatan Peta Dasar Skala Sangat Besar 1:5.000,” lanjut mantan aktivis kampus itu.

Hingga sekarang, lanjut Jefridin, sudah dilaksanakan penyusunan Iaporan ANTARA tanggal 21 Oktober 2019, yang selanjutnya diikuti dengan FGD penyusunan materi teknis RDTR yang dihadiri Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad.

Sebelum membuka acara, Jefridin terlebih dahulu berpantun:

Anak nelayan memancing ikan
Dapat seekor siikan pari
RDTR memang sangat diperlukan
Menuju kota Batam madani. ***
_________
Foto: Setdako Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.