Keren! Ada Ornamen Baru di Flyover Laluan Madani, Nih Penampakannya

Kabar Baik dari Batam

Keren! Ada Ornamen Baru di Flyover Laluan Madani, Nih Penampakannya

2 min read

Pemerintah Kota Batam terus mempercantik secara masif proyek infrastruktur yang sudah dibangun. Salah satunya, Flyover (FO) Laluan Madani yang berada di Simpang Jam.

Mulai malam tadi, Selasa (5/11/2019) di sisi samping jembatan lalulintas tersibuk di Batam itu, telah dipasang lampu kelap-kelip bertuliskan “Laluan Madani” dengan simbol perahu Lancang Kuning di sampingnya.

“Lampu tersebut dipasang tadi malam oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya air Kota Batam,” jelas Kabag Humas Pemko Batam Efrius.

Ornamen merupakan dekorasi yang digunakan untuk memperindah bagian dari sebuah bangunan atau objek. Dengan demikian, jembatan layang kebanggan warga Batam tersebut akan makin cantik.

“Kehadiran infrastruktur jembatan disamping memperlancar arus lalu lintas juga perlu dibuat indah sehingga bisa menjadi kebanggan masyarakatnya dan menambah estetika kota,” jelas Feri, sapaan humas humoris ini.

Pada jam sibuk, kawasan Simpang Jam setiap harinya dilintasi sekitar 272 ribu kendaraan. Untuk mengatasi kemacetan di kawasan itu, FO Laluan Madani dibangun dengan panjang 460 meter dan memiliki 3 lajur di setiap arahnya. Pembangunan jembatan dikerjakan kontraktor PT Pembangunan Perumahan (PP) dengan biaya Rp180 miliar.

Flyover (FO) Laluan Madani banyak mengangkat ornamen Melayu yang dapat dilihat pada dinding dan pilarnya.

Dalam membuat desain ornamen, BPJN IV juga melibatkan Lembaga Adat Melayu (LAM) dimana setiap ornamen memiliki filosofi.

Pada dinding FO, terdapat ornamen pucuk rebung uang. Filosofi ini dianggap harapan baik, karena bambu merupakan pohon yang tidak mudah tumbang oleh tiupan angin.

Untuk Ornamen Lebah Bergayut sendiri, mencerminkan tentang rumah lebah madu yang dulu banyak terdapat di bumi Melayu Riau. Lalu pada pilar jembatan terdapat ornamen besar berbentuk Bunga Tudung yang melambangkan perlindungan atau pengayoman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.