Dari HMR untukmu Pahlawan

Kabar Baik dari Batam

Dari HMR untukmu Pahlawan

1 min read

> Selamat Hari Pahlawan 10 November 2019

SEBELUM Walikota Batam H Muhamad Rudi (HMR) menyematkan nama pahlawan nasional dari tanah Melayu ini sebagai nama masjid terbesar se-Sumatera yang didirikannya, tak banyak orang tahu siapakah Sultan Mahmud Riayat Syah.

Beginilah ide kebangsaan yang dibangun seorang HMR, sekaligus caranya menghargai jasa pahlawan, sebagaimana ciri dari bangsa-bangsa besar dunia membangun peradabannya.

Bahkan tokoh media jua budayawan di Riau dan Kepulauan Riau Rida K Liamsi, sampai menulis kekagumannya pada HMR yang diurai hingga tiga seri di Harian Batam Pos.

Berikut cuplikannya:

“Keberadaan Masjid Agung Mahmud Riayat Syah di Batam (insyaallah akan diresmikan September 2019 ini) adalah sebuah peristiwa bersejarah. Paling tidak ada tiga hal penting yang patut dicatat. Pertama, keputusan memberi nama masjid itu dengan mengabadikan nama Mahmud Riayat Syah, sultan kerajaan Melayu Lingga, Riau, Johor, dan Pahang yang pertama (1761-1812) itu adalah sebuah keputusan yang berani.”

Pada peringatan hari pahlawan 10 November 1961 Ir Soekarno berkata lewat pidatonya “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.”

Mari kita ingat, hargai, pelajari dan teladani, para tokoh bangsa di masa lalu untuk membangun generasi masa depan yang lebih baik. ***
_______________

Sejarah singkat tentang Sultan Mahmud Riayat Syah, bisa dibaca dalam infografis berikut ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.