Jadikan Batam Kota Berkelas Dunia!

Kabar Baik dari Batam

Jadikan Batam Kota Berkelas Dunia!

2 min read

Kota Batam bakal menjelma menjadi kota yang lebih maju dan moderen dengan fasilitas umum, mulai pelabuhan hingga bandara, berkelas dunia. Selain itu juga ramah investasi.

Harapan ini tidaklah terlalu muluk, sebab sudah masuk dalam sejumlah program kerja yang menjadi prioritas Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam kurun waktu dua tahun mendatang.

Apalagi, anggaran BP Batam pada 2020, sudah disahkan melalui Surat Menteri Keuangan (Menkeu) Nomor S-704/MK.02/2019. Jumlah Rp 2,2 triliun dan disahkan pada 26 September 2019 lalu. Lebih besar dari anggaran tahun 2019 yang sebesar Rp1,8 triliun.

Kepala BP Batam H Muhammad Rudi (HMR) saat diwawancara Batam Pos mengatakan, dengan anggaran tersebut, BP akan merancang sejumlah program kerja prioritas dalam kurun waktu dua tahun mendatang.

“Pertama, penyederhanaan perizinan lahan dan lalu lintas barang. Kedua, revisi Perpres tentang tata ruang. Ketiga, Pengembangan Batam sebagai Logistik Base. Keempat, Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus. Kelima, Penyiapan pemenuhan kebutuhan Air. Keenam, Pengembangan transportasi massal,” kata HMR baru-baru ini.

“Rencana pengembangan Bandara Hang Nadim dan Pelabuhan Laut sebagai hub distribusi dan logistik, serta dana pendamping proyek bantuan luar negeri, the Development of Sewerage System in Batam Island, Pembangunan Sistem Pengolahan Limbah Domestik Batam, belanja operasional, serta peningkatan infrastruktur yang ada,” jelasnya.

Selain pengembangan infrastruktur, BP juga memiliki empat roadmap untuk tahun 2020 hingga 2004.

Roadmap pertama yakni mengembangkan industri manufaktur yang memiliki nilai tambah tinggi seperti industri smartphone dan teknologi informasi.

Kedua, Industri Jasa, seperti maintenance and overhaul (MRO) pesawat dan kapal, shipyard dan shipbuilding, pengembangan jasa kesehatan dan pendidikan internasional serta financial services.

Ketiga, LogisticHub, seperti transshipment, e commerce, warehouse dan infrastructurelink.

Keempat. Pariwisata yang berfokus pada penciptaan objek wisata dan pengembangan industri kreatif. ***
__________
Sumber: Batam Pos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.