“Agar Lingkungan Tak Berbau”

Kabar Baik dari Batam

“Agar Lingkungan Tak Berbau”

2 min read

> Dirasa Sangat Bermanfaat, Warga Ingin IPAL Segera Beroperasi

Sejumlah warga menanyakan kapan proyek Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) atau waste water treatment plant (WWTP) Badan Pengusahaan Batam. Sebab, mereka sudah tak sabar merasakan manfaatnya, agar lingkungan lebih bersih.

“Biar lingkungan tak lagi bau parit,” ujar Ria warga Orchard Suite, Batam Center.

Meski demikian, masih ada juga warga yang belum memahami manfaat IPAL ini. Sehingga, acuh tak acuh.

Berdasarkan riset yang kami lakukan, manfaat IPAL cukup banyak, diantaranya menjaga kualitas dan kuantitas air waduk, menjaga kualitas perairan agar tetap bersih, menjaga saluran drainase/parit.

Bahkan, IPAL sanggup menjaga sungai, pantai dari pencemaran limbah domestik. Selian itu, estetika lingkungan terjaga bersihan, hijau dan asri.

Kabid Pengelolaan Limbah BP Batam, Iyus Rusmana menjelaskan, selain ampuh menjaga kelestarian lingkungan, IPAL juga menghasilkan pupuk berkualitas yang bisa digunakan untuk penghijauan hutan kota, taman kota, dan taman-taman lingkungan.

“Kesehatan masyarakat juga akan meningkat, karena lingkungan bersih dari bibit-bibit penyakit,” lanjutnya.

Bahkan, menurut Iyus, IPAL dapat juga meningkatkan investasi serta wisatawan ke Batam. Kok bisa?

“Sebab, dengan estetika lingkungan yang bersih serta kualitas air terjaga, maka dengan sendirinya akan meningkatkan investasi serta wisatawan ke Batam,” katanya

Lalu kapan IPAL akan beroperasi? Tentunya setelah IPAL yang dibangun di Bengkong Sadai selesai. “Diperkirakan akhir tahun 2020 mendatang. Progres pembangunannya saat ini sudah mencapai 76,4 persen,” jelasnya.

Secara keseluruhan proyek IPAL ini mencakup pembangunan lima stasiun pompa, pemasangan pipa 114 kilometer dan pemasangan pipa sambungan ke rumah-rumah. Saat ini sudah ada 43 perumahan di luar ruko-ruko dan hotel yang sudah dilewati oleh pipa IPAL tersebut. ***
__________
Sumber: Koran Sindo Batam
Foto: Proyek pembangunan saluran IPAL.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.