Jefridin Desak Pemprov Bantu Pembangunan Pasar Induk Batam

Kabar Baik dari Batam

Jefridin Desak Pemprov Bantu Pembangunan Pasar Induk Batam

2 min read

Pemerintahย Provinsi Kepri menggelar High Level Meeting Tim Pengendalian inflasi Daerah (TPID) Tahun 2019. Pertemuan digelar di ruang rapat utama Kantor Gubernur Provinsi Kepri di Dompak, Selasa (19/11/2019).

Rapat ini dihadiri perwakilan pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Kepri. Fokus utama pembahasan adalah sesuai arahan Presiden RI bahwa pengendalian inflasi harus memperhatikan 4 K, yaitu:

a. Keterjangkauan Harga (KH)
b. Ketersediaan Pasokan (KP)
c. Kelancaran Distribusi (KD)
d. Komunikasi Efektif (KE)

Terkait hal ini, Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin yang hadir selaku Ketua Harian TPID dan mewakili Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR), menyampaikan Pemko Batam telah melaksanakan beberapa langkah.

Untuk keterjangkauan harga, Pemko sudah mendorong efektivitas pemanfaatan APBD melalui percepatan realisasi dan melakukan intervensi dalam rangka stabilisasi harga.

“Misal Bazar Sembako Murah pada Mei dan November 2018 sebanyak 128.000 paket bagi masyarakat tak mampu. Juga melakukan operasi pasar TPID di sembilan kecamatan Mainland,” jelas suami Ketua DWP Kota Batam Hj Hariyanti Jefridin ini.

Terkait ketersediaan pasokan, Pemko memperhatikan sisi pasokan pangan, distribusi, ketersediaan infrastruktural, seperti, penurunan biaya operasional.

Langkah yang paling anyar dengan merealisasikan Kerjasama Antar Daerah dengan Provinsi Sumatera Barat sebagai daerah penghasian bahan pokok pangan.

“Pemko juga melakukan koordinasi dengan pihak BP Batam, Bea Cukai, pelabuhan, maskapai untuk memperlancar arus barang masuk khususnya bahan pokok pangan ke Kota Batam,” ungkapnya.

Terkait kelancaran distribusi, Pemko mendorong perdagangan antar daerah dalam rangka menjaga pasokan komoditas pangan di daerah.

Juga membangun dan menyelaraskan pasar-pasar pengumpul untuk memperluas akses pasar petani dan mengefesienkan rantai distribusi.

Sebagai informasi, 75% Inflasi Provinsi Kepri ditentukan oleh Inflasi Kota Batam.

Maka itu agar maksimal, pengendalian inflasi di Kota Batam, butuh support Pemprov melobi pusat untuk pembangunan Pasar induk, yang saat ini sedang penyusunan DED.

“Lahannya sudah steril. Pasar induk itu perlu dilengkapi Coldstorage, kiranya Pemprov dapat membantu,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ Katabatam.com | Newsphere by AF themes.