IPAL Bikin Ikan di Jepang Bisa Hidup di Selokan, Batam Segera Menyusul

Kabar Baik dari Batam

IPAL Bikin Ikan di Jepang Bisa Hidup di Selokan, Batam Segera Menyusul

2 min read

Belum lama ini sedang viral foto-foto dari netizen seputar bersihnya air selokan di Jepang.

Bagi yang pernah ke Negeri Sakura, pasti pernah melihat langsung jika air selokan di Jepang memang sangat bersih dan tak sedikit yang menjadi tempat tinggal para ikan.

Apakah rahasia selokan di depan rumah penduduk Jepang sangat bersih? Ke mana mereka membuang air sisa atau kotoran dari rumahnya?

Kamarul Ilmar in Shimane, seorang pria Malaysia yang menjadi pekerja saluran pipa di Jepang menceritakan kenapa selokan di depan rumah penduduk Jepang sangat bersih lewat akun facebook-nya, seperti kami kutip media daring The Daily Japan.

Ternyata ada dua saluran atau selokan di masing-masing rumah penduduk Jepang. Di mana air untuk limbah akan mengalir tepat di bawahnya, dan air yang jernih berada di atasnya

Air dari hasil sisa rumah tangga akan mengalir melalui pipa terpisah, yang biasanya terdapat di bawah selokan yang jernih (lihat foto).

Sementara air di selokan, berasal dari air hujan dan mata air, sehingga tidak akan keruh, berbau, dan tetap jernih. Tentunya bebas sampah serta limbah rumah tangga, sehingga membuat koi pun bisa hidup.

Dalam konsep moderen sistem ini disebut instalasi pengolahan air limbah (IPAL) atau waste water treatment plant (WWTP) yang saat ini sedang dibangun Badan Pengusahaan Batam (BP) di Bengkong Sadai.

“Bila IPAL sudah beroperasi, maka selokan kita akan bebas air limbah. Ikan pun bisa hidup di sana,” jelas Kabid Pengelolaan Limbah, BP Batam, Iyus Rusmana.

IPAL Bengkong Sadai sendiri dibangun di atas lahan sekitar 7 hektare. Proyek ini dibiayai dari dana dukungan Pemerintah Korea Selatan melalui pinjaman lunak (soft loan) Economic Development Coorperation Fund (EDCF) sebesar USD43 juta.

Pengolahan limbah domestik di Batam ini akan dilakukan secara menyeluruh melalui jaringan perpipaan yang saling terintegrasi.

BP Batam menargetkan proyek ini selesai akhir tahun 2020 mendatang. Progres pembangunan nya sendiri saat ini sudah mencapai 76,4 persen. ***
_________
Sumber: The Daily Japan com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.