Dulu Lahan Belakang Gedung BP Batam Tandus, Kini Menghijau

Kabar Baik dari Batam

Dulu Lahan Belakang Gedung BP Batam Tandus, Kini Menghijau

2 min read

> Kompos dan Air Olahan IPAL Ampuh Kembalikan Kesuburan Tanah

ADA yang bertanya, apakah mungkin tanah di Batam yang umumnya gersang dan cenderung berbatu ditanami? Jawabnya sangat mungkin.

Di zaman modern seperti sekarang ini, tanah kering dan tandus dapat diperbaiki dan ditingkatkan kesuburannya.

Contoh nyata di Gunung Kidul, Yogyakarta dan bahkan di Dubai, Uni Emirat Arab di mana tanah gurun yang kering dan tandus kini disulap menjadi kebun dan taman-taman cantik.

Kepala Bidang Pengelolaan Limbah Badan Pengusahaan (BP) Batam, Iyus Rusmana mengatakan, ada inovasi yang bisa diterapkan untuk menyuburkan tanah di Batam. Yakni dengan pupuk yang dihasilkan dari Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang kini dibangun BP Batam.

Sebab, pupuk hasil IPAL mengandung unsur mineral tinggi atau unsur hara yang sanggup mengembalikan kesuburan tanah.

“Kalau mau lihat buktinya, silakan lihat di lahan belakang gedung BP Batam ini,” jelas Iyus.

Di lahan ini, semula sangat kering dan tandus. Namun setelah dipupuk dari hasil IPAL, saat ini lahan tersebut hijau penuh tumbuhan lebat.

Pupuk IPAL ini berbentuk seperti tablet/padat, jadi mudah digunakan. “Bayangkan bila IPAL yang dibangun BP Batam selesai, maka berapa banyak lahan yang bisa dihijaukan,” tutur Iyus.

Selain pupuk, air hasil olahan IPAL juga bening dan tidak berbau. Di kota yang IPAL-nya sudah beroperasi, seperti Balikpapan Barat, Kalimantan Timur, air olahan IPAL ini digunakan untuk menyiram tanaman dan jalanan yang kotor.

Apa sebab? Sebab, sama halnya pupuk, air olahan IPAL juga memiliki unsur mineral yang tinggi (hara), sehingga tanaman yang disiram dengan air ini tumbuh subur. ***
__________
Foto: Pemandangan Lahan Belakang Kantor BP Batam dipotret dari lantai 5.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.