IPAL Jaga Batam Bersih, Asri dan Hijau

Kabar Baik dari Batam

IPAL Jaga Batam Bersih, Asri dan Hijau

1 min read

Untuk yang masih bertanya apa itu IPAL, di sini kami beri uraian teknisnya melalui infografis.

***
Badan Pengusahaan (BP) Batam menargetkan proyek Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) atau waste water treatment plant (WWTP) tahap I di Bengkong Sadai selesai akhir 2020 mendatang. Progres pembangunannya sudah mencapai 76,4 persen.

Kepala Bidang Pengelolaan Limbah, BP Batam, Iyus Rusmana mengatakan sebagai kota industri dan daerah tujuan pariwisata, isu lingkungan menjadi persoalan yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena itu Batam terus berupaya menciptakan lingkungan yang sehat, salah satunya dengan membangun IPAL tersebut.

“Proyek ini dikerjakan oleh Hansol EME dan konsultannya Sunjin, keduanya dari Korea Selatan,” kata Iyus.

IPAL Bengkong Sadai dibangun di atas lahan sekitar 7 hektare. Proyek ini dibiayai dari dana dukungan Pemerintah Korea Selatan melalui pinjaman lunak (soft loan) Economic Development Coorperation Fund (EDCF) sebesar USD43 juta.

Pengolahan limbah domestik dilakukan secara menyeluruh melalui jaringan perpipaan yang saling terintegrasi.

Iyus mengungkapkan manfaat IPAL sangat banyak di antaranya menjaga kualitas dan kuantitas air waduk, menjaga kualitas perairan agar tetap bersih, menjaga saluran drainase/parit, sungai, pantai dari pencemaran limbah domestik, estetika lingkungan terjaga bersih, hijau dan asri.

Kemudian IPAL juga menghasilkan pupuk berkualitas yang bisa digunakan untuk penghijauan hutan kota, taman kota, dan taman-taman lingkungan.
Selain itu juga peningkatan kesehatan masyarakat karena lingkungan bersih dari bibit-bibit penyakit.

“Dengan estetika lingkungan yang bersih serta kualitas air terjaga maka akan meningkatkan investasi serta wisatawan ke Batam,” katanya. ***
_______
Sumber: KORAN SINDO BATAM dan Humas BP Batam
Grafis: Tim Riset & Data kataBatam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *