Bahkan Kotoran pun Kini Tak Terbuang Sia-sia

Kabar Baik dari Batam

 Bahkan Kotoran pun Kini Tak Terbuang Sia-sia

2 min read

> Batam Masuki Era Baru Teknologi Pengolahan Air dan Limbah

Sebenar-benarnya banyak manfaat Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) atau waste water treatment plant (WWTP) yang kini dibangun Badan Pengusahaan (BP) Batam. Di antaranya menjaga lingkungan bersih, asri dan hijau. Namun program bagus ini akan sia-sia tanpa dukungan masyarakat luas.

Salah satu dukungan yang dimaksud adalah, kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih. Dimulai dari diri sendiri. Minimal dengan tak buang sampah sembarangan.

Selain itu, merelakan “kotoran rumah tangganya” (feses dan air bekas mandi, cuci, kakus) diambil untuk diolah dengan baik, sehingga tak mencemari tanah dan parit tempat bermukim.

Kotoran yang diolah tadi akan menjadi kompos, demikian juga dengan air limbah rumah tangga tadi juga bisa dimanfaatkan ulang sebagai penyubur tanaman atau kebutuhan lain selain air minum.

Jadi semua tak ada yang mubazir. Meskipun (maaf) kotoran itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya kami menghubungi Kabid Pengelolaan Limbah BP Batam, Iyus Rusmana. Menurutnya, Batam sebagai kota industri dan daerah tujuan pariwisata, isu lingkungan sangat penting diperhatikan. Karena itu BP Batam terus berupaya menciptakan lingkungan yang sehat. Salah satunya dengan membangun IPAL tersebut.

Manfaat IPAL kata dia tentunya sangat banyak, diantaranya menjaga kualitas dan kuantitas air waduk, menjaga kualitas perairan agar tetap bersih, menjaga saluran drainase/parit, sungai, pantai dari pencemaran limbah domestik, estetika lingkungan terjaga bersih, hijau dan asri.

Kemudian IPAL juga menghasilkan pupuk berkualitas yang bisa digunakan untuk penghijauan hutan kota, taman kota, dan taman-taman lingkungan. Selain itu juga peningkatan kesehatan masyarakat karen lingkungan bersih dari bibit-bibit penyakit.

“Dengan estetika lingkungan yang bersih serta kualitas air terjaga maka akan meningkatkan investasi serta wisatawan ke Batam,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.