FYI: Toilet pun Bisa Meledak

Kabar Baik dari Batam

FYI: Toilet pun Bisa Meledak

2 min read

Peristiwa mengejutkan terjadi di Desa Mejasem Barat, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (18/11/2019). Sebuah toilet tiba-tiba meledak di salah satu rumah warga. Kejadian itu sontak membuat warga di lingkungan setempat kaget.

Informasi yang dihimpun PanturaPost menyebutkan, peristiwa tersebut terjadi di rumah Eni Duljaeni (45), warga RT 01 RW 16 desa setempat. Eni tinggal di rumah seorang diri. Saat itu sekitar jam 03.00, Eni sedang terlelap tidur.

Dia tiba-tiba terjaga karena mendengar suara ledakan keras dari dalam kamar mandi. Ledakan itu juga membuat warga sekitar terbangun dari tidurnya. Termasuk Budiyono, Ketua RW setempat yang kebetulan rumahnya berada di samping rumah Eni. Dia mengira ada kebakaran.

“Saya keluar rumah dan melihat lampu milik rumah Ibu Eni mati. Tapi tidak ada asap atau apa,” ucap Budiyono kepada PanturaPost.
Budi dan warga lainnya pun terpaksa mengetuk pintu rumah Eni dan masuk ke dalam. Seteleh masuk rumah, warga melihat kamar mandi sudah berantakan. Tembok pun kotor mengeluarkan bau tak sedap.

“Suara itu berasal dari toilet yang meledak. Mungkin karena udara gas di bawah septic tank panas atau struktur tanahnya panas jadi gasnya naik dan meledak di toilet,” terang Budi.

Budi dan warga pun langsung membawa Eni ke RS Mitra Siaga agar mendapatkan perawatan. Warga khawatir Eni menghisap gas beracun dari toilet yang meledak tersebut. “Sampai sekarang ibu Eni masih dirawat di RS,” ucap Budi.

Belum diketahui pasti apa penyebab toilet itu meledak. Yang jelas, dengan kejadian toilet meledak itu, membuat warga jadi lebih berhati-hati.

“Memang kalau bisa lokasi toilet harus diberikan ventilasi agar ada sirkulasi udara di toliet dan buangan septic tank agar agak luas dan diberi peralon sirkulasi udara,” jelas Indra, 33 tahun, salah satu pemuda desa setempat.

Semoga berita ini, bisa menjadikan semacam penyadaran kepada Sedare Batam untuk peduli akan pentingnya sanitasi yang baik. ***
_____________
Sumber, artikel & foto: Kumparan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.