Tak Hanya Beri 4 Jurus, HAM juga Siap Bantu Agar UMKM Hebat

Kabar Baik dari Batam

Tak Hanya Beri 4 Jurus, HAM juga Siap Bantu Agar UMKM Hebat

2 min read

Usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) menjadi andalan masa depan ekonomi Batam. Karena itu Pemerintah Kota Batam akan terus membantu pelakunya, hingga bisa mengelola usaha jadi lebih baik lagi.

Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM) menegaskan ini saat mewakili Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) pada kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan, di Aula Kantor Dispora Kota Batam, Selasa (26/11/2019).

“Karena sekarang sektor pariwisata sedang booming dan setiap orang yang datang butuh souvenir dan makan. Dari sisi inilah UMKM harus mengambil manfaat,” sarannya.

Tapi, menurut suami Erlita Sari Amsakar ini, untuk menjadikan UMKM hebat perlu 4 hal yaitu manajemen yang baik, modal yang cukup, packaging yang memikat, dan pemasaran yang menjangkau semua segmen.

“Untuk itu, Pemko siap fasilitasi,” jelasnya.

Dia menjabarkan, untuk modal Pemko Batam punya BLU PDB (Badan Layanan Umum Daerah Pengelolaan Dana Bergulir), ini memberikan pinjaman murah dengan suku bunga hanya 6 persen flat per tahun.

Juga sekarang telah selesai pembangunan PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) di Bengkong yang bisa dimanfaatkan untuk pemasaran.

“Organisasi Perangkat Daerah, lanjutnya, juga siap dukung untuk pelatihan keterampilan, packaging, dan sosialisasi untuk sertifikasi. Mulai halal dari MUI, Ingradient dari Dinas Kesehatan, Standar Sehat dari BPOM,” pungkasnya.

Sebagaimana dilansir sebelumnya, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Batam bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Batam, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam serta BPOM, menggelar kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan.

Kegiatan yang dihadiri 120 pelaku UMKM, yang didominasi oleh ibu-ibu dan anak muda ini bertujuan untuk meningkatkan mutu keamanan pangan bagi para pelaku usaha UMKM dan sekaligus pengembangan wirausaha muda se Kota Batam.

Selain Wakil Walikota, acara ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin. ***
________
Foto: Tim Humas Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.