Go Patriot, Ganyang Eceng Gondok di Dam Duriangkang!

Kabar Baik dari Batam

Go Patriot, Ganyang Eceng Gondok di Dam Duriangkang!

2 min read

Gotong royong membersihkan eceng gondok di daerah tangkapan air (DTA) Dam Duriangkang adalah kerja sosial untuk menyelamatkan masyarakat Kota Batam di masa mendatang.

Demikian ditegaskan Walikota Batam/Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam H Muhammad Rudi (HMR) saat memimpin upacara persiapan dan pembersihan eceng gondok yang menutup hampir 180 hektare dam Duriangkang, Kamis (28/11/2019) pagi.

Dalam apel yang dihadiri sekitar 1.000 personel Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Organisasi Perangkat Daerah, Direktorat Pengamanan BP Batam dan Satpol PP, tersebut HMR mengajak seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah dan tanah ke dam, sehingga tetap terjaga.

Sebab, eceng gondok ini tumbuh subur salah satunya akibat adanya limbah yang dibuang langsung ke waduk.

Seperti diketahui, pembersihan eceng gondok ini penting dilakukan guna menjaga ketersedian air bersih di Kota Batam. Sebenarnya masalah ini sudah terjadi sejak lama, namun hanya jadi sebatas wacana.

Baru setelah kepeminpinan di Batam disatukan di bawah kendali HMR, suami Marlin Agustina Rudi itu langsung melakukan gebrakan dengan tindakan nyata semacam ini: bersihkan eceng gondok.

Sekadar diketahui, 70 persen sumber kebutuhan air bersih di Batam ditopang oleh Dam Duriangkang, sehingga jika tidak dijaga dikhawatirkan akan menjadi persoalan untuk ketersedian air ke depannya. Dam Duriangkang saat ini juga tengah menjadi konsen utama untuk dibersihkan dari eceng gondok.

Karena eceng gondok ini sudah meluas, ada sekitar 180 hektare yang sudah tertutup oleh eceng gondok dari luas keseluruan seitar 2.000 hektare.

Jika Dam Duriangkang bermasalah maka dampaknya akan luas, karena 70 persen kebutuhan air bersih di Batam disuplai dari waduk tersebut.

Hingga berita ini diturunkan “pasukan” sudah berangkat ke Dan Duriangkang. ***
________
Foto-foto: Efrius & Iyus Rusmana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.