Pagi Ini, HMR Pimpin Jajaran BP & Pemko Bersihkan Eceng Gondok di Dam Duriangkang

Kabar Baik dari Batam

Pagi Ini, HMR Pimpin Jajaran BP & Pemko Bersihkan Eceng Gondok di Dam Duriangkang

1 min read

Pemimpin bukan hanya bisa berwacana, namun memberi tindakan nyata. Sehingga rakyat bisa merasakan langsung semangat dan manfaatnya.

Pagi ini, Kamis (28/11/2019) jajaran Badan Pengusahaan (BP) Batam bersama Pemko Batam bergerak ke daerah tangkapan air (DTA) Dam Duriangkang. Mereka akan berjibaku bersihkan eceng gondok yang menutup hampir 180 hektare dam tersebut.

Gawai akbar ini akan dipimpin langsung oleh Walikota Batam/Kepala BP Batam H Muhammad Rudi (HMR) dengan melibatkan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Organisasi Perangkat Daerah, Direktorat Pengamanan BP Batam dan Satpol PP.

Kegiatan akan diawali dengan upacara persiapan, pukul 07.00 WIB di Dataran Engku Putri, Batam Centre dan dilanjutkan dengan kegiatan pembersihan di Waduk Duriangkang, tepat di depan PBK Mukakuning.

Pembersihan eceng gondok ini penting dilakukan guna menjaga ketersedian air bersih di Kota Batam. Sebenarnya masalah ini sudah terjadi sejak lama, namun hanya jadi sebatas wacana.

Baru setelah kepeminpinan di Batam disatukan di bawah kendali HMR, suami Marlin Agustina Rudi itu langsung melakukan gebrakan dengan tindakan nyata semacam ini: bersihkan eceng gondok.

Sekadar diketahui, 70 persen sumber kebutuhan air bersih di Batam ditopang oleh Dam Duriangkang, sehingga jika tidak dijaga dikhawatirkan akan menjadi persoalan untuk ketersedian air ke depannya. Dam Duriangkang saat ini juga tengah menjadi konsen utama untuk dibersihkan dari eceng gondok.

Karena eceng gondok ini sudah meluas, ada sekitar 180 hektare yang sudah tertutup oleh eceng gondok dari luas keseluruan seitar 2.000 hektare.

Jika Dam Duriangkang bermasalah maka dampaknya akan luas, karena 70 persen kebutuhan air bersih di Batam disuplai dari waduk tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.