Ingin Hidup Bersih dan Sehat, Masyarakat Tabanan Sampai Bangun IPAL Sendiri

Kabar Baik dari Batam

Ingin Hidup Bersih dan Sehat, Masyarakat Tabanan Sampai Bangun IPAL Sendiri

2 min read

Soal kesadaran akan hidup bersih dan lingkungan yang sehat, tak ada salahnya kita belajar pada masyarakat di Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali.

Perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat Tabanan terwujud melalui peningkatan kebersihan lingkungan. Derajat kesehatan masyarakat pun terangkat melalui pengelolaan air limbah, sampah dan drainase.

Peningkatan kualitas hidup ini terus dilakukan dengan pembangunan fasilitas sanitasi yang mendapatkan dukungan dari masyarakat; dan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pengelolaan sampah terpadu.

Salah satu perencanaan yang berhasil diimplementasikan adalah pembangunan 20 unit instalasi pengolahan air dan limbah (IPAL) komunal melalui program SANIMAS.

Kabupaten Tabanan tidak menghadapi kesulitan dalam penyediaan lahan untuk pembangunan IPAL. Masyarakat mendukung dan permintaan masyarakat untuk mengimplementasikan SANIMAS jauh melebihi jumlah yang direncanakan.

IPAL Komunal tersebut dikelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang dibina oleh SKPD secara sungguh-sungguh.

Tak heran, pada tahun 2013 lalu, Kabupaten Tabanan menerima penghargaan AMPL. Pemkab Tabanan berharap dapat membangun IPAL Kawasan di masa mendatang untuk mempercepat akses sanitasi yang lebih layak dan komprehensif.

Bagaimana dengan Batam, kita pantas bersyukur karena tak perlu membangun IPAL komunal seperti masyarakat Tabanan. Sebab Badan Pengusahaan Batam telah membangunkan IPAL untuk kita yang lebih bagus dan canggih.

IPAL di Batam menerapkan sistem terpusat. Untuk tahap pertama stasiun pompanya dibangun di Bengkong Sadai dan akan selesai akhir tahun 2020 mendatang.

Karena lebih canggih, tentu manfaatnya akan lebih banyak dirasakan masyarakat. Diantaranya, menjaga kualitas dan kuantitas air waduk, menjaga kualitas perairan agar tetap bersih, menjaga saluran drainase/parit, sungai, pantai dari pencemaran limbah domestik, estetika lingkungan terjaga bersih, hijau dan asri.

Tak hanya itu, IPAL juga menghasilkan pupuk berkualitas yang bisa digunakan untuk penghijauan hutan kota, taman kota, dan taman-taman lingkungan.

Selain itu juga, peningkatan kesehatan masyarakat karen lingkungan bersih dari bibit-bibit penyakit. Dengan estetika lingkungan yang bersih serta kualitas air terjaga maka akan meningkatkan investasi serta wisatawan ke Batam. ***
_______
Sumber: http://www.sanitasi.or.id/?p=509
Grafis: Tim Riset & Data KataBatam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.