Manfaat IPAL Masuk Sesi Metropolis Batam Pos

Kabar Baik dari Batam

Manfaat IPAL Masuk Sesi Metropolis Batam Pos

2 min read

Tak Hanya kataBatam saja, media sekaliber Batam Pos pun mulai tertarik memberitakan instalasi pengolahan air dan limbah (IPAL).

Terbukti hari ini, Selasa (3/12/2019) media pertama dan terbesar di Batam ini menempatkan berita IPAL di halaman depan sesi Metropolis.

Dalam berita yang ditulis reporter Rifki Setiawan berjudul “IPAL Diklaim Bantu Atasi Krisis Air Bersih” dan sub judul”Mulai Beroperasi Januari 2021″, ditulis tentang langkah Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam mengantisipasi potensi krisis air bersih di masa mendatang.

Caranya, akan segera mengoperasikan Instalasi IPAL di Bengkong Sadai. IPAL ini masih dalam tahap pembangunan dan akan segera beroperasi pada Ianuari 2021. Fungsinya untuk mengolah air limbah rumah tangga agar bisa digunakan kembali.

โ€œHingga September, progres Pengeriaannya sudah 65 persen. Dan target kami akan selesai pada Desember 2020 mendatang,” kata Kabid Pengelolaan Limbah BP Batam, Iyus Rusmana, Senin (2/12).

Adapun, progres pengerjaan IPAL ini dibagi atas tiga proyek flsik yakni jaringan pipa, stasiun pompa dan waste water treatment plant (WWTP).

Proyek IPAL ini ditargetkan selesai pada Desember 2020 mendatang dan bisa ber’Operasi pada Ianuari 2021. Adapun, kapasitas produksinya mencapai 230 liter per detik dan akan melayani kawasan Batam Centre dan sekitarnya.

Air bersih hasil olahan dari proyek senilai Rp600 miliar ini rencananya akan disuplai ke kawasan industri di Batam.

Sehingga, ada kemungkinan air suplai dam ke industri akan dialihkan ke rumah tangga, mengingat suplai air ATB ke rumah tangga khususnya di Batuaji dan Tanjunguncang tersendat-sendat karena terbatasnya ketersediaan air bersih.

Iyus hanya menanggapi ‘bahwa teknisnya masih akan dibahas lebih lanjut lagi.

โ€œPak Kepala BP sudah mengarahkan agar proyek ini jalan terus. Ya sekalian komplain-komplain dari masyarakat akan kami akomodir tentunya,” harapnya. ***
_________
Sumber: Batam Pos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ Katabatam.com | Newsphere by AF themes.