Setengah Hari Blusukan di Sagulung, Jefridin Langsung Beri Solusi Atasi Banjir

Kabar Baik dari Batam

Setengah Hari Blusukan di Sagulung, Jefridin Langsung Beri Solusi Atasi Banjir

2 min read

Banjir yang melanda di beberapa wilayah Kecamatan Sagulung, membuat Pemerintahan Kota Batam bertindak cepat. Selasa (3/12/2019) Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefidin turun langsung ke lokasi.

Ada enam wilayah yang ditinjau Jefridin mulai pagi hingga tengah hari kemarin. Masing-masing adalah: belakang Pasar Perumnas Sagulung, apartemen sebelah Perumnas Buana Indah, Kavling Flamboyan, Puskemas Sungai Langkai, SDN 002 Sagulung, dan Seilekok.

“Semua lokasi tersebut semalam (Selasa), separo hari saya datangi bersama Bina Marga (Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air) yang didampingi camat dan lurah setempat,” jelas suami Ketua DWP Kota Batam Hj Hariyanti Jefridin ini.

Dari hasil peninjauan langsung ini, akhirnya Jefridin menemukan solusi yang langsung dia perintahkan kepada dinas terkait untuk segera dilaksanakan.

Solusi pertama: Normalisasi drainase.
“Saat itu juga langsung kita kerahkan alat berat dan amphibi yang Pemko miliki melalui Dinas BM-SDA,” jelasnya.

Khusus di parit sempit, dilakukan penanganan secara manual oleh Tim Pemko bersama RT dan RW serta masyarakat setempat. Sejak kemaren sampai seminggu ke depan.

Solusi kedua: .Perlebaran saluran pelintas (box culvert). Karena gorong-gorong yang ada terlalu kecil tak mampu menampung debit air sehingga air meluap masuk ke rumah penduduk. “Ini perlu waktu karena membutuh biaya besar,” jelas mantan tenaga pendidik ini.

Solusi ketiga: Jefridin meminta dan menghimbau kepada seluruh masyarakat tidak membuang sampah ke dalam parit sehingga mengakibatkan tersumbat.

Solusi ini cukup nyambung dengan harapan warga setempat. Sebelumnya, warga Kavling Seroja RW 07, Sei Pelungut, Sagulung meminta pemerintah daerah memperbaiki dan menambah saluran drainase yang ada di perumahan mereka.

Pasalnya, setiap kali diguyur hujan, rumah mereka terendam air. Bahkan air hujan masuk ke dalam rumah warga.

“Sudah beberapa kali normaliasasi tapi tidak mempan. Perlu ada drainase baru untuk bisa menyelesaikan secara tuntas,” ujar Ketua RW 007, Sei Pelungut, Yuniari Nazara, Selasa (3/12/2019).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.