Melihat Semangat Jefridin Napak Tilas Jejak Walisongo di Jawa

Kabar Baik dari Batam

Melihat Semangat Jefridin Napak Tilas Jejak Walisongo di Jawa

2 min read

Rabu, 4 Desember 2019, Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin berada di Surabaya, Jawa Timur, melaksanakan tugas dari Pemerintah Kota Batam. Di sela-sela kesibukannya ini, dia menyempatkan berziarah ke makam Walisongo.

Seperti diketahui, Walisongo adalah sembilan tokoh pelopor penyebaran Islam pada abad ke-14 yang pusatnya di Pulau Jawa.

Itulah mengapa Jefridin menyempatkan diri berziarah ke makam Walisongo, di sela kesibukannya di Surabaya.

Namun, berziarah ke Walisongo, tak bisa asal-asalan. Harus ada urutannya. Misal dari barat ke timur atau sebaliknya.

Misalnya saat akan melakukan ziarah Walisongo dari Jawa Timur, seperti yang dilakukan Jefridin, maka sebaiknya selesaikan dahulu di daerah Jawa Timur, baru menuju ke Jawa Tengah, kemudian Jawa Barat.

Rutenya: mulai dari makam Sunan Ampel Surabaya, Sunan Gresik, Sunan giri, Sunan Drajat, terakhir adalah Sunan Bonang di Tuban.

Selanjutnya masuk ke Provinsi Jawa Tengah yang dimulai dari Sunan Kudus, Sunan Muria serta Sunan Kalijaga. Dan yang terakhir masuk ke provinsi Jawa Barat yaitu makam Sunan Gunung Jati.

Jadi, apabila wali songo diurutkan dari Jawa Timur ke Jawa Barat, maka urutannya dimulai dari Surabaya, Gresik, Tuban, Lamongan, Kudus, Demak dan terakhir daerah Cirebon.

Perjalanan religi Jefridin ke makam Walisongo memang tak sampai ke Jawa Barat, namun sudah boleh dibilang cukup. Karena sudah sebagian besar sudah dia kunjungi.

Apalagi dalam kunjungan sebelumnya ke Surabaya atau Jatim, Jefridin juga sudah mengunjungi makam para wali. Seperti makam Sunan Ampel (Surabaya), makam Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri (Gresik) dan makam penyebar Islam di Kediri.

Bahkan, Jefridin sempat nyekar ke makam guru dua ulama besar pendiri NU dan Muhammadiyah, Syaikhona Kholil di Bangkalan Madura.

Pada ziarah kali ini di awali pada pukul 13.43 WIB, Jefridin ziarah ke makam Sunan Derajat di Lamongan dan dilanjutkan ke Tuban. Di sini, suami Ketua DWP Kota Batam Hj Hariyanti Jefridin ini, mengunjungi dua tempat: Makam Ibrahim Asmoro Qondi (Ayahanda Sunan Ampel) di Gisikharjo, dan Makam Sunan Bonang.

Pukul 15.25 WIB, usai ziarah ke makam Sunan Bonang, Jefridin melanjutkan salat Asar di Masjid Agung Tuban.

Perjalanan masih berlanjut, mantan aktivis kampus ini tiba di Kudus, Jawa Tengah. Di sini dia berziarah ke makam Sunan Muria, sekitar pukul 20.34 WIB.

“Alhamdulillah akhirnya sampai juga. Ini adalah perjalanan religi yang tak direncanakan,” ujarnya.

Hingga pukul 23.09 WIB, mantan tenaga pendidik ini sampai di makam Sunan Kalijaga, Kadilangu Kabupaten Demak.

Masih di Demak, pukul 23.12 WIB, Jefridin sampai di makam Raden Patah, Raja Demak 1 yang berada di kompleks Masjid Demak.

Napak tilas ini pun ditutup dengan menikmati wedang Ronde di alun-alun Demak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.