Penduduk Miskin Batam Berkurang, Ini yang Dilakukan Pemko Batam

Kabar Baik dari Batam

Penduduk Miskin Batam Berkurang, Ini yang Dilakukan Pemko Batam

2 min read

Angka kemiskinan di Kota Batam tahun 2019 ini turun dari 5,11 persen menjadi 4,85 persen (lihat tabel). Ini semua tentu tak lepas dari beragam kebijakan yang digelontorkan Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR).

Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin menjelaskan, sekitar 10 faktor pengentasan kemiskinan dari sisi kebijakan pemerintah baik pusat dan Pemko Batam sendiri.

Di antaranya:
1. BPNT/ Bantuan Pangan Non Tunai (Pusat).
2. Beasiswa Pendidikan bagi Siswa Tidak Mampu/KIP (Kombinasi dari APBD dan APBN).
3. PBI/ Pembayaran Iuran BPJS.
4. Jamkesmas melalui KIS (Pusat).
5. Bantuan alat tangkap nelayan.
6. Pelatihan koperasi dan usaha kecil.
7. Beasiswa perguruan tinggi bagi mahasiswa tidak mampu.
8. Pelatihan wirausaha kepada keluarga tidak mampu.
9. Bantuan mesin dan kapal nelayan.
10. Sembako murah.

Terpisah, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako Batam Yusfa Hendri menjelaskan, sebagai upaya menurunkan angka kemiskinan di Kota Batam, Pemko sudah melakukan serangkaian upaya yang dianggarkan melalui APBD Kota Batam.

“Antara lain melalui kegiatan pemberian bantuan iuran jaminan kesehatan BPJS bagi masyarakat kurang mampu,” ujar mantan Kabag Humas Pemko Batam ini.

Selain Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari pemerintah pusat melakui APBN, Pemko Batam juga menanggung pembayaran iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) untuk 50 ribu masyarakat kurang mampu di Kota Batam.

Di samping itu, secara rutin dua kali dalam setahun juga dilakukan pembagian sembako murah sebanyak 128 ribu paket sembako yang biasanya disalurkan menjelang lebaran Idul Fitri, Natal dan tahun baru.

Hal ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya jaring pengamanan dan mewujudkan stabilitas harga kebutuhan barang pokok strategis di Kota Batam.

Pembangunan infrastruktur baik baik infrastruktur perkotaan maupun pemukiman melaui program percepatan infrastruktur kelurahan, diyakini juga memberikan dampak positif bagi perekonomian Batam.

“Infrastruktur yang baik akan meningkatkan kunjungan wisatawan baik asing maupun domestik yang pada gilirannya akan memberikan multiplayer efek terhadap berbagai sektor di Kota Batam,” jelas mantan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam dan Kadis Perhubungan Kota Batam ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.