Ini Alasan Mengapa IPAL Tahap Satu Dibangun di Bengkong Sadai

Kabar Baik dari Batam

Ini Alasan Mengapa IPAL Tahap Satu Dibangun di Bengkong Sadai

2 min read

Badan Pengusahaan Batam merancang pembangunan tujuh instalasi pengelolaan air limbah. Tahap pertama dibangun di Bengkong Sadai dan akan beroperasi sebentar lagi, tahun 2020.

Dipilihnya lokasi di Bengkong Sadai, karena ingin menyelamatkan sumber air bersih di Dam atau Waduk Duriangkang. Kenapa?

Karena IPAL di Bengkong Sadai ini ditujukan untuk menampung air limbah domestik kawasan Batam Centre yang selama ini masuk ke waduk tersebut. Padahal Waduk Duriangkang menyuplai 70 persen kebutuhan air bersih Batam.

Setelah beroperasi nanti, diharapkan tidak ada lagi limbah rumah tangga masuk Duriangkang.

“Nanti hanya air hujan saja yang masuk ke Waduk Duriangkang. Sementara limbah rumah tangganya diolah di Sadai sebelum dikembalikan ke alam,” jelas Kepala kantor pengelolaan air dan limbah BP Batam, Binsar Tambunan.

Dengan fasilitas IPAL ini tentunya pencemaran akan limbah dapat teratasi.

”Pembangunan fasilitas IPAL tahap 1 ini dapat terwujud berkat bantuan dari pihak pemerintah Korea yang memberikan pinjaman soft loan yang pembangunannya dikerjakan oleh Hansol EME Co. Ltd,” ungkap Binsar.

Sebenarnya banyak negara yang tertarik membangun IPAL atau Waste Water Treatment Plant (WWTP) di Batam. Di antaranya Korea Selatan. Sebab, negara tersebut sedang giat melakukan pengembangan instalasi ini.

Pembangunan fasilitas IPAL tahap 1 ini rencananya akan tersambung untuk 11 ribu rumah dengan sambungan pipa sepanjang 114 km.

IPAL ini memiliki teknologi yang cukup maju dimana hasil limbah yang dikelola tidak mengeluarkan bau, hemat biaya, dan tentunya diharapkan dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat Batam untuk mengenal teknologi yang dikembangkan oleh pihak Korea.

Dengan pembangunan tersebut, Batam akan memiliki sistem pengelolaan air limbah yang berteknologi tinggi yang ramah lingkungan. BP Batam akan menjaga kelestarian akan air dan mencegah pencemaran lingkungan di Batam.

“Pembangunan IPAL atau WWTP ini dimaksudkan untuk mendukung perkembangan Batam menjadi kawasan industri yang berwawasan lingkungan,” lanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.