Pemasangan Pipa IPAL Ada yang Dikomplain, Ada juga yang Diapresiasi

Kabar Baik dari Batam

Pemasangan Pipa IPAL Ada yang Dikomplain, Ada juga yang Diapresiasi

2 min read

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Limbah Badan Pengusahaan Batam, Iyus Rusmana, sudah tahu ada komplain dari masyarakat terkait pemasangan pipa instalasi pengolahan air limbah (IPAL) oleh kontraktor. Karena itu langsung direspon dengan baik.

โ€Pasti akan kita perbaiki. Mengenai kebocoran juga sudah kita tangani,โ€ paparnya.

Hal ini terkait keluhan di Perumahan Legenda Malaka, Batam Center. Sebagaimana ditulis Batam Pos, masih ada beberapa titik bekas galian yang belum ditutup.

Sehingga tanah merah bekas galian saat tersiram air hujan membuat jalanan menjadi becek.

Seperti, yang terlihat di Blok H tepat di depan warung bakso Anggun. Tak hanya itu, ruas jalan utama Perumahan Legenda dari SMPN 12 ke arah Masjid Nurul Yaqin, tepatnya sampai di depan Blok H, aspal bekas galian turun.

Akibatnya saat hujan, air menggenang di sepanjang bekas galian itu. Bahkan, di beberapa titik, karena air hujan tergenang membuat aspal sekitarnya rusak dan berlubang.

Kondisi ini mengganggu pengguna jalan dan berpotensi menyebabkan kecelakaan pengendara sepeda motor. Sebab, semakin lama, semakin rusak dan berlubang.

Meski demikian, tak dinafikan juga bahwa banyak pemasangan pipa IPAL ini berhasil dengan baik: cepat dan rapi. Bahkan mendapat dukungan dari masyarakat setempat.

Seperti yang terjadi di Perumahan Orchard Suite, Batam Center. Sejak awal pemasangan hingga selesai prosesnya sangat cepat dan rapi.

Memang ada jalur perumahan yang sempat ditutup akibat galian dan mengecoran atau pengaspalan ulang, namun itu tak lama dan tak terlalu mengganggu aktivitas warga.

Contoh lain adalah pengaspalan kembali galian IPAL di Perumahan Plamo Garden, Batam Center yang hanya memerlukan waktu satu hari kerja saja, dan dikerjakan oleh sub kontraktor.

Banyak lagi sebenarnya pemasangan pipa IPAL di perumahan yang cepat dan rapi sehingga nyaris tanpa menyisakan masalah.

Sebab, bagaimanapun juga, IPAL digadang sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kekurangan air bersih Batam di masa mendatang .

Yang paling fenomenal adalah di Perumahan Hang Tuah Batam Center, yang sempat Jadi Proyek Percontohan IPAL. Bahkan warga di sana ikut mendukung.

Hal ini sebagaimana dikatakan Ketua RT 03 Perumahan Hang Tuah Herman. Dia menyebut, pihaknya mendukung program pemerintah yang berkaitan dengan menjaga lingkungan. Tapi pada saat pelaksanaannya nanti harus memperhatikan kenyamanan warga.

โ€Harapannya juga pengerjaan dilakukan seramah-ramahnya dan nantinya apabila ada kendala segera dilakukan antisipasi agar ke depan air limbah dapat dikelola dengan baik dan lingkungan semakin nyaman,โ€ jelasnya. ***
__________
Sumber: Batam Pos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ Katabatam.com | Newsphere by AF themes.