Wartawan Dilatih Baca Data Statistik

Kabar Baik dari Batam

Wartawan Dilatih Baca Data Statistik

1 min read

Badan Pusat Statistik (BPS) melatih wartawan Batam membaca data statistik. Pelatihan yang diikuti 28 peserta ini digelar di Hotel Ibis Styles Batuampar, Senin (9/12/2019)

“Banyak sekali indikator statistik yang penting. Batam berbeda dengan kota lain. Banyak indikator yang bisa dihasilkan. Contohnya inflasi, wisatawan, ekspor impor. Tak semua kota bisa. Jadi banyak hal yang bisa ditulis tentang statistik,” kata Kepala BPS Batam, Rahyudin.

Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi wartawan dalam memahami angka dan data statistik yang disiarkan BPS. Dalam pelatihan, wartawan juga diajarkan cara menghitung statistik sederhana.

“Intinya setelah dari sini akan bertambah wawasan awak media dalam menulis,” ujarnya.

Kepala Dinas Kominfo Batam, Salim mengatakan perlu diinformasikan secara detail tentang data statistik ini. Meski wartawan diyakini sudah bisa menulis dengan baik, tapi mungkin belum semua bisa menggunakan data dengan baik.

Oleh sebab itu, Salim menilai kegiatan ini penting dan baik untuk dilaksanakan. Pentingnya data yang benar dan sumber data yang valid, maka kegiatan ini dianggap sebagai suatu hal yang strategis dan penting.

“Salah gunakan data bisa salah analisis. Maka tolong gunakan data BPS. Data BPS data yang sahih, diakui, dan dapat dipertanggungjawabkan. Karena itu juga BPS menganggap sangat penting mengumpulkan media supaya dapat menginformasikan dengan baik,” tuturnya. ***
_____________
Sumber: Media Center Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.