Takkan Gasing Hilang di Bumi

Kabar Baik dari Batam

Takkan Gasing Hilang di Bumi

2 min read

SERIBU gasing yang dimainkan anak-anak sekolah dasar Kota Batam, mendesing di hari ketiga pergelaran Kenduri Seni Melayu 2019, Jumat (13/12/2019) sekitar pukul 15.30 WIB tadi.

Bila tahun sebelumnya permainan ini digelar di sisi kanan dan kiri ruas jalan Engku Puteri Batam Center, pada tahun ini, pelaksanaan di alihkan ke dalam alun-alun.

Seribu anak sekolah dasar tersebut tampak sudah siap, meski diiring rinai hujan yang turun sore itu, mereka tetap semangat mengerahkan segenap kemampuannya memutar permainan tradisional ini.

Namanya juga anak-anak, imajinasi selalu tak lepas dari dirinya saat beraktivitas. Termasuk dalam memainkan gasing ini, imajinasinya tumbuh liar, bahkan ada yang mengidentifikasi dirinya dengan para tokoh superhero atau anime pujaannya dalam film Beyblade.

Beyblade adalah judul sebuah serial anime dan manga buatan Takao Aoki dan Takafumi Adachi yang bercerita tentang sekelompok anak-anak yang bertarung dengan menggunakan gasing-gasing canggih dan memiliki kekuatan-kekuatan tertentu.

“Kami sudah latihan lama. Sekarang dah siap,” ujar seorang siswa sebuah sekolah dasar tersebut.

Pelibatan anak-anak sekolah dalam permainan gasing di hari ketiga KSM ini bukan kali ini saja dilakukan, yang pertama pada KSM 2018 lalu.

“Gasing ini termasuk dalam pokok pikiran kebudayaan daerah (PPKD), yang salah satunya adalah permainan tradisional. Karena itu kita tampilkan juga di KSM,” terang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata.

Ini kali kedua Disbudpar menggelar permainan gasing secara massal. Ardi mengatakan tujuannya adalah untuk melestarikan permainan gasing agar tidak punah ditelan zaman.

Pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk menghadirkan pelajar tingkat sekolah dasar dan menengah pertama. Anak-anak sekolah ini sengaja diajak agar mereka mengenal permainan tradisional masyarakat Melayu tersebut.

“Sudah sangat jarang dimainkan. Jadi kami ingin anak-anak muda tahu kalau ada jenis permainan seperti gasing ini,” jelasnya.

Selain itu, harapan lainnya, agar atraksi ini bisa menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang dan menyaksikan. ***
—————–
Foto foto: Facebook Jamaludin N : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1414870732003321&id=100004412227035

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.