Ke Bengkong Sadai, Melihat “Jantung” IPAL Bekerja

Kabar Baik dari Batam

Ke Bengkong Sadai, Melihat “Jantung” IPAL Bekerja

2 min read

Selama ini kita kerap mendengar tentang Proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dikerjakan oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Hansol, Korea. Tapi bagaimana cara kerjanya? Sesakti apa kemampuannya?

Belum lama ini harian pagi Batam Pos sempat mengulas kemampuan proyek prestisius yang menjadi barometer kemajuan sebuah kota itu. Berikut petikannya.

Proyek senilai 43 juta dolar Amerika ini dibagi atas tiga proyek fisik yakni jaringan pipa, stasiun pompa dan bangunan pengolahan air limbah atau waste water treatment plant (WWTP).

WWTP dibangun di Bengkong Sadai dan merupakan pusat atau jantung dari segala aktivitas IPAL. WWTP dikerjakan oleh subkon Citra Indokoresa.

Bobot pekerjaan WWTP ini sebanyak 38,6 persen. Pantauan Batam Pos, proyek WWTP ini sudah rampung 80 persen.

Gunawan, Pengawas dari Indokoresa, mengatakan, WWTP ini nanti dilengkapi sejumlah gedung dan bangunan untuk mengolah air limbah menjadi air bersih.

“Ada gedung utama sebagai pusat administrasi WWTP IPAL, baru ada bangunan FCR dan bangunan clarifier, bangunan MCC, blower dan deodorize,” terangnya.

Pada awalnya, air limbah akan masuk ke FCR dan di FCR terjadi proses pemisahan limbah dari air.

Kemudian limbah tersebut diolah secara organik menjadi pupuk. Setelah itu, maka air berpindah ke clarifier. Di clarifier, air dipisahkan dari lumpur. “Dijernihkan,” imbuh Gunawan.

Terakhir, masuk ke MCC, dilanjutkan dengan blower dan deodorize. Dalam tahapan terakhir ini, material yang masih tersisa akan dipisahkan dari air, sehingga airnya menjadi layak pakai.

Proyek WWTP dan proyek fisik lainnya akan rampung Desember 2020 mendatang. Pada Januari, akan siap beroperasi dengan masa pemeliharaan selama setahun.

Semoga berita dari harian Batam Pos ini bisa jadi pencerahan bagi kita semua tentang IPAL ini. ***
———-
Grafis: Tim Riset & Data KataBatam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.