Resmikan Dataran Engku Hamidah, HAM Ungkap Peran Penting Putri nan Agung Ini

Kabar Baik dari Batam

Resmikan Dataran Engku Hamidah, HAM Ungkap Peran Penting Putri nan Agung Ini

2 min read

Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM), Selasa (17/12/2019) malam, meresmikan ikon nama dan lampu hias Dataran Engku Hamidah. Siapakahn Engku Hamidah? Mengapa namanya disematkan pada landmark yang berlokasi di depan Hotel Green Rose, Jalan Raja Haji Fisabilillah ini?

HAM menjelaskan, Engku Hamidah adalah pemegang regalia Kerajaan Riau Lingga. Antara lain cogan, terompet nafiri, dan jubah kebesaran. Regalia ini merupakan alat untuk melantik orang-orang besar saat itu.

“Jadi begitu pentingnya peran seorang Engku Hamidah dalam perjalanan sejarah Provinsi Kepulauan Riau. Itu juga yang membuat makam Engku Hamidah di Pulau Penyengat banyak dikunjungi orang penting. Maka diabadikanlah namanya sebagai nama dataran di sini,” tuturnya.

Amsakar menjelaskan, Engku Hamidah merupakan putri Raja Haji Yang Dipertuan Muda Riau IV. Karena ia seorang perempuan, tak mungkin untuk melanjutkan kepemimpinan di kesultanan Riau-Lingga ketika itu. Namun ia tetap memegang peranan penting di kesultanan.

“Secara silsilah, Engku Hamidah ini ada darah sultan, dan ada darah Yang Dipertuan Muda. Sehingga bisa disebut Raja Hamidah atau Engku Hamidah,” cerita Amsakar.

Di Batam, sudah lebih dulu dikenal Dataran Engku Putri. Berlokasi di lingkungan Kantor Walikota Batam, lapangan ini menjadi alun-alun termpat berbagai kegiatan masyarakat.

Engku Putri dan Engku Hamidah, sambung Amsakar, adalah orang yang sama. Engku Putri merupakan nama timang-timang atau nama kecil dari Engku Hamidah.

“Mungkin ini yang belum banyak orang tahu. Makanya nanti di Dataran Engku Hamidah ini juga akan dibuat semacam tulisan sinopsis singkat atau story telling tentang sejarah Engku Hamidah atau Engku Putri ini. Itu menyusul nanti,” kata dia.

Pembangunan Dataran Engku Hamidah ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA).

Kepala Dinas BMSDA Batam Yumasnur mengatakan, lampu hias bertuliskan “Dataran Engku Hamidah” ini juga hadir karena keinginan Walikota agar ada penamaan di setiap lokasi. Sebelumnya lampu-lampu hias serupa juga sudah dibuat di Lubukbaja, Sungai Jodoh, Bundaran Tuah Madani, dan flyover Laluan Madani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.