Dibuka HMR, BPS Gelar Even Kolosal Sosialisasi Sensus Penduduk Online

Kabar Baik dari Batam

Dibuka HMR, BPS Gelar Even Kolosal Sosialisasi Sensus Penduduk Online

2 min read

Badan Pusat Statistik (BPS) terus menyosialisasikan sensus penduduk serentak di seluruh Indonesia menggunakan sistem online pada Februari hingga Maret 2020 nanti. Salah satunya dengan menggelar banyak event kolosal.

Salah satu event tersebut adalah Fun Bike, Fun Walk, Zumba, yang digelar Minggu (22/12/2019) pagi di Dataran Engku Putri Batam Centre dan dibuka langsung Walikota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR).

“Selain Pak Wali, juga dihadiri Pak Sekda (H Jefridin), Kepala BPS Provinsi Kepri Zulkipli, Asisten Pemerintahan dan Kesra Yusfa Hendri, Asisten Ekbang Febrialin, dan segenap Kepala OPD Pemko Batam,” jelas Kabag Humas Pemko Batam Efrius.

Event ini sangat meriah. Peserta yang mayoritas ibu-ibu tersebut tak pernah absen mengikuti tahap demi tahap acara yang sedang berlangsung. Mulai senam hingga jalan sehat.

“Bahkan Pak Wali (HMR) juga ikut senam hingga jalan santai bersama ratusan peserta acara,” lanjut pejabat yang lama berkarir di pendapatan dan retribusi daerah ini.

Seperti diketahui, sensus penduduk online yang akan dilakukan pada Februari hingga Maret 2020 itu, menyasar masyarakat mainland dan hinterland Batam, yang sudah memiliki infrastruktur jaringan internet.

Kepala BPS Batam Batam, Rahyudin mengatakan untuk wilayah Batam sensiei dirinya menargetkan 30% kepala keluarga di Batam sudah melakukan sensus online.

“Dari 944.285 penduduk Batam yang tercatat, 30% nya kami harap sudah melakukan sensus online,” katanya, beberapa waktu lalu kepada Batamnews.co.id.

Menurut Rahyudin, sensus penduduk online ini bertujuan menyasar masyarakat yang tertutup dan memiliki jam kerja tinggi.

Selama menggunakan sistem manual, dua kelompok ini disebut paling sulit untuk ditemui dan dilakukan sensus.

“Saat ini sosialisasi sudah kami lakukan melalui media dan instansi. Dan mulai November kami melakukan sosialisasi melalui baliho-baliho. Event seperti jalan sehat, funbike, lomba film pendek, akan dilakukan sebagai proses sosialisasi, dan tentunya sosialisasi secara langsung ke camat dan kelurahan untuk memberikan edukasi kepada perwakilan setiap RT/RW seluruh Batam cara mengisi sensus online,” terangnya.

Sensus penduduk dengan sistem online akan dilakukan oleh masing-masing masyarakat, dengan mengakses laman web www.bps.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.