Ini Baru Keren, HMR Canangkan 20 Januari 2020 Hari Bersepeda Kota Batam

Kabar Baik dari Batam

Ini Baru Keren, HMR Canangkan 20 Januari 2020 Hari Bersepeda Kota Batam

2 min read

> Juga Akan Bangun Jalur Khusus Pesepeda

Kota yang baik adalah yang bisa menyediakan kebahagiaan bagi penduduknya. Caranya dengan membantu membuat ruang ramah, sehat, bebas macet dan polusi. Salah satunya membangun jalur khusus pesepeda.

Kabar gembira ini disampaikan Walikota Batam yang juga Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR) saat membuka acara Fun Bike, Fun Walk, Zumba, Sosialisasi Sensus Penduduk 2020, Minggu (22/12/2019) di Dataran Engku Putri Batam Centre, tadi pagi.

Dalam acara yang juga dihadiri Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin itu, HMR juga mencanangkan pada tanggal 20 Januari 2020 sebagai Hari Bersepeda Kota Batam. “(Keputusan) ini akan di-SK (surat keputusan walikota Batam),” terangnya dan disambut tepukan peserta acara.

Tak hanya itu, HMR juga menetapkan setiap bulan, pada tanggal 20, akan digelar acara bersepeda bersama. “Semua harus ikut,” anjurnya.

Lebih luas lagi, program bersepeda sehat ini juga akan diejawantahkan dengan membuat jalur khusus pesepeda pada ruas jalan untama di kota Batam.

“Kita akan segera bangun jalur (pesepeda) tersebut,” jelas lelaki uang dianugerahi gelar “Bapak Infrastruktur” kota Batam tersebut.

Bila semua yang dicanangkan ini tuntas, maka Batam akan menyerupai beberapa kota maju dunia, seperti Singapura, London, Bogota hingga Thailand, yang sudah menyediakan ruang khusus pesepeda dalan kota.

Jalur sepeda di kota-kota tersebut umumnya dibangun selebar 1,4 meter. Jalur ini diberi warna hijau dengan gambar orang mengendarai sepeda di atasnya.

Di sana, jalur sepeda dibuat khusus di antara aspal dan trotoar. Pemisah jalur sepeda menggunakan separator berwarna kuning setinggi 30 cm.

Separator berwarna kuning ini mencegah adanya kendaraan lain seperti mobil dan sepeda motor masuk ke jalur tersebut. Tentunya ini memberi rasa aman bagi pesepeda untuk bergowes ria.

Dilansir dar pemberitaan The Bangkok Post 7 Agustus 2015, Pemerintah Thailand membangun jalur sepeda tersebut dengan material karet alami yang bisa memberi traksi lebih baik bagi pengendara sepeda meskipun berkendara dalam kondisi hujan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.