PKK Batam Cegah Stunting Sambil Gelar Sunatan Massal dan Pengobatan Gratis

Kabar Baik dari Batam

PKK Batam Cegah Stunting Sambil Gelar Sunatan Massal dan Pengobatan Gratis

2 min read

Tim Penggerak PKK Kota Batam menggelar Bakti Sosial Pencegahan Stunting, Sunatan Massal dan Layanan Kesehatan Gratis di Ruko YP, Blok A No.9 jl. Dapur 12, Seipelunggut, Sagulung, Senin (23/12/2019) sekitar pukul 09.30 WIB.

Ketua TP PKK Kota Batam Hj Marlin Agustina Rudi menjelaskan, bakti sosial berupa sunatan massal dan layanan kesehatan gratis ini, merupakan agenda rutin yang digelar.

“Tujuannya untuk meringankan beban masyarakat, khususnya kalangan kurang mampu,” ujar istri Walikota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR) ini.

Terkait pencegahan stunting, Marlin yang saat itu didampingi Ketua DWP Kota Batam Hj Hariyanti Jefridin, menjelaskan program kesehatan ini sudah lama salah satu dari 10 program Pokok kerja PKK, khususnya Pokja IV yang membidangi Program Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat.

“Stunting menjadi salah satu konsen pemerintah, khususnya PKK Kota Batam, baik dalam pencegahannya dan penanganannya,” terangnya.

Dengan kegiatan ini, diharapkan kader-kader PKK di masyarakat dapat menjadi informan awal, sehingga apabila ditemukan ciri โ€“ ciri dan karakteristik dari stunting, dapat langsung diinformasikan kepada pejabat di wilayah masing-masing.

“Sehingga dapat langsung ditangani oleh Posyandu maupun puskesmas terdekat,” jelasnya.

Stunting merupakan kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan ia lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya.

โ€œStunting menjadi PR Nasional bukan Kota Batam saja tetapi seluruh Indonesia karena itu saya mengajak seluruh Ibu-ibu PKK Kota Batam untuk turun langsung sehingga dapat menyosialisasikan dampak dan bahayanya,โ€ ajak Marlin.

Untuk itu TP PKK Kota Batam menggandeng Dinas Kesehatan Kota Batam dalam pelaksanaan pencegahan dan pengobatan ini. Bahkan, Marlin turun langsung keposyandu dan puskesmas, sehingga Kota Batam dapat terbebas dari stunting ini.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian juga mengatakan akan melibatkan ibu-ibu PKK dalam kampanye program-program terkait dengan pengentasan masyarakat dari kemiskinan dan stunting.

“Kami akan libatkan jaringan dari organisasi, terutama jaringan ibu-ibu, sukarelawan, untuk bersama mengampanyekan stunting dengan program-program kreatif untuk stunting ini,” kata Tito beberapa waktu lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ Katabatam.com | Newsphere by AF themes.