Saksikan Gerhana Matahari Cincin, Batam Siapkan 6 Event Wisata Edukasi

Kabar Baik dari Batam

Saksikan Gerhana Matahari Cincin, Batam Siapkan 6 Event Wisata Edukasi

2 min read

Jelang akhir tahun, Batam menerima berkah berupa gerhana matahari cincin, peristiwa yang terjadi hanya sekali dalam 350 tahun. Ayo saksikan, jadilah bagian dari sejarah!

Untuk menyambutnya, Kota Batam sudah mempersiapkan berbagai kegiatan. Mulai dari seminar, rekor Muri hingga melaksanakan salat gerhana matahari, yang diprediksi berlangsung 26 Desember 2019.

Dikutip dari halaman Barelang Eclipse 2019 Kota Batam, sebagaimana diberitakan tempo.co, beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, antara lain seminar dan workshop berkaitan dengan gerhana matahari cincin, pada 21 – 23 Desember 2019 di Golden View Hotel, Bengkong, Kota Batam.

Seminar akan mengundang guru-guru SD, SMP, SMA dan SMK serta kalangan mahasiswa di Kota Batam. Materi seminar yang akan disampaikan berkaitan dengan pengetahuan mengenai gerhana matahari cincin secara teori dan praktek.

Tidak hanya materi teori, tetapi peserta juga ditunjukan secara praktek melihat terjadinya gerhana matahari dengan alat peraga.

Setelah itu ada kegiatan, Fun Observation Activities pada 25 – 26 Desember 2019. Panitia juga menyediakan tempat untuk kegiatan pengamatan di SBS Resort pada saat terjadinya Gerhana Matahari.

Kegiatan ini khusus untuk pengamat yang ingin mengamati proses selama Gerhana Matahari dengan membawa peralatan teleskop sendiri. Para peserta pengamat gerhana matahari berangkat dari Batam menuju SBS Resort pada tanggal 25 Desember 2019 pukul 15.00.

Mereka mendapatkan satu spot area, satu tenda, makan malam dan untuk tanggal 26 Desember 2019, mendapatkan sarapan pagi, makan siang dan kembali ke Batam jam 17.00 wib

Sedangkan pada 24 – 26 Desember 2019 terdapat diselenggarakan bazaar dan pameran di Dataran Engku Putri Batam Center. Pada kesempatan ini masyarakat Batam dan sekitarnya dapat menjual berbagai macam kuliner maupun memperkenalkan produk industri kreatif. Kegiatan ini terbuka untuk umum dari jam 09.00-22.00, dengan hiburan pertunjukan musik.

Pada lokasi yang sama, pada 26 Desember 2019 dilangsungkan pemecahan rekor Muri. Panitia juga menjual kacamata gerhana di tenda panitia dan pengamatan gerhana matahari. Di tenda tersebut juga terdapat teleskop dengan filter khusus.

Sementara salat gerhana matahari dihelat di Masjid Raya Batam Center. Pada ujung acara, diadakan undian yang ditujukan kepada peserta seminar dan workshop serta peserta bazaar dan pameran.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam Ardiwinata mengatakan, penyambutan momen fenomena gerhana matahari cincin, merupakan hasil kerja sama Pemda dengan asosiasi. Ia berharap semoga event ini dapat meningkatkan kunjungan wisman. ***
__________
Sumber: tempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.